Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:59 WIB | Jumat, 19 Februari 2016

Menteri BUMN: 60 Persen RI Mengerjakan Kereta Cepat

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberikan pemaparan pada Dialog Publik Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan tema Geliat Kota Baru, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat yang diselenggarakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Bandung, Jawa Barat, hari Jumat (19/2). Dialog Publik ini diharapkan menjadi sarana penjelasan dan masukan dari masyarakat untuk percepatan pembangunan Kereta Cepat. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/ama/16. (Foto: Antara)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengatakan sekitar 60 persen proses pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dikerjakan di Indonesia, sisanya di Tiongkok.

"Kita diberikan kemampuan alih teknologi oleh mereka (Tiongkok). Jadi 60 persen dari pekerjaannya akan dikerjakan di Indonesia," kata Rini Soemarno, dalam acara Sosialisasi dan Diskusi Publik tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Bandung, hari Jumat (19/2).

Ia menuturkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa menyerap sekitar 39.000 tenaga kerja baru di Provinsi Jawa Barat.

"Dan semua tenaga kerja dalam pembangunan Kereta Cepat ini dari Indonesia. Hanya beberapa tenaga kerja asing, itu pun untuk tenaga ahli karena kita belum pernah membangun kereta cepat," kata dia.

Namun, lanjut Menteri BUMN, pemerintah memiliki komitmen bersama dengan teknisi dari Tiongkok dalam pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar ke depan kita bisa memiliki kemampuan jika ingin membuat kereta cepat ke depannya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya berharap bisa dihasilkan dialog secara terbuka dari semua pihak tentang pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Karena saat ini banyak yang bertanya tentang ini dan banyak kontroversial padahal Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dibangun untuk manfaat bersama, terutama bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan Jabar," kata dia. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home