Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:08 WIB | Senin, 21 Desember 2015

Menteri ESDM Kawal Pembangunan Smelter di Papua

Pengolahan dan pemurnian bijih mineral (smelter). (Foto: nytimes.com)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, menyatakan pihaknya akan mengawal kepastian pembangunan pabrik pengolahan konsentrat (smelter) di Papua, meski dalam waktu dekat hal tersebut belum mungkin direalisasikan.

"2017 membayangkan smelter di Papua, tidak realistis. Tapi usaha dari pemda, dari Dinas ESDM akan kita jaga," kata Sudirman  Said di Jayapura, hari Senin (21/12).

Dijelaskannya, untuk membangun smelter di suatu daerah, diperlukan fasilitas penunjang yang memadai dan di Kabupaten Mimika kapasitas energi yang diperlukan belum memadai.

"Smelter tetap tidak bisa lepas dari skala ekonomi. Dulu sudah disepakati kalau memang Timika dianggap layak untuk dibangun smelter maka Freeport akan membrikan alokasi konsentrat," kata dia.

"Kalau bicara mengenai kelayakan, untuk membangun smelter harus ada listrik, sementara di Papua belum ada, jadi untuk solusi antara ada ekspansi di Gersik, tapi nanti pada waktunya kalau komitmen sudah kuat, ya kita bangun," sambungnya.

Hanya ia memastikan, ketika smelter telah terbangun di Papua, maka PT. Freeport Indonesia akan mengalokasikan sejumlah konsentrat mentahnya.

"Begitu di Papua ada smelter maka 900.000 ton konsentrat akan dialokasikan. Kami berkewajiban untuk menjaga itu," kata Sudirman.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home