Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:37 WIB | Minggu, 13 April 2014

Menteri Jepang Kunjungi Kuil Kontroversial Yasukuni

Yoshitaka Shindo rutin mengunjungi kuil Yasukuni. (Foto: bbc.co.uk)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Seorang menteri kabinet Jepang mengunjungi kuil kontroversial di Tokyo pada Sabtu (12/4), yang menyebabkan kemarahan Tiongkok dan Korea Selatan, dengan mereka sebut kuil itu sebagai simbol militerisme Jepang di masa lalu.

Yoshitaka Shindo, menteri urusan internal dan komunikasi, memberi penghormatan pada Sabtu pagi di kuil Yasukuni, kata Jiji Press dan Yomiuri Shimbun

Tiongkok dan Korea Selatan menganggap itu sebagai pengingat brutal imperialis Tokyo masa lalu dan masa agresi perang, dan kegagalannya untuk menyesali terkait sejarahnya.

Tapi Shindo mengatakan kunjungannya dalam kapasitas pribadi untuk berdoa bagi tentara Jepang yang meninggal dalam pertempuran Iwo Jima, salah satu pertempuran paling heroik di Perang Dunia II, seperti dilaporkan kantor berita AP.
 
"Saya memperbarui komitmen saya untuk tidak pernah menjadi penyebab tragedi, seperti saat saya berdoa untuk perdamaian sebelum orang-orang kehilangan nyawa mereka dalam perang," kata Shindo pada wartawan setelah berdoa, mengenakan setelan gelap formal. "Itu yang saya lakukan setiap kali saya mengunjungi kuil."

Shindo adalah cucu dari seorang jenderal Angkatan Darat Kekaisaran yang terkenal, Tadamichi Kuribayashi, yang menjabat sebagai komandan di Iwo Jima di hari-hari terakhir pertempuran di sana.

Pertempuran Iwo Jima tahun 1945 mengakibatkan korban 6.821 jiwa tentara Amerika dan 21.570 prajurit Jepang. Sekitar 12.000 tentara Jepang dan 218 tentara Amerika masih diklasifikasikan sebagai hilang dalam perang tersebut.

Pada Desember, Perdana Menteri Shinzo Abe melakukan kunjungan pertamanya sebagai perdana menteri ke kuil itu, menghormati korban perang Jepang termasuk beberapa pejabat tingkat tinggi yang dieksekusi karena kejahatan perang setelah Perang Dunia II. (AFP/AP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home