Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:26 WIB | Kamis, 05 Februari 2015

Menteri Susi Sebut "Illegal Fishing" Bencana Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan penangkapan ikan secara ilegal merupakan bencana nasional yang harus diberantas dengan sinergi antarnegara.

"Secara khusus saya menyebut illegal fishing ini sebagai national disaster (bencana nasional) karena ribuan masalah dan kerugian yang ditimbulkannya," kata Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/2).

Dia mengatakan penangkapan ikan ilegal tidak hanya menjadi permasalahan satu negara, karena perang terhadap aktivitas melanggar hukum itu, tidak hanya dilakukan oleh Indonesia, tetapi negara-negara lain, seperti Amerika Serikat dan Somalia.

Di Indonesia, ujar dia, pelaksanaannya telah mendapat dukungan dari Uni Eropa, duta besar negara sahabat, organisasi, angkatan laut, dan kepolisian.

Pemberantasan tindak pidana pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia jangan hanya menekankan kepada aspek keamanan tetapi juga mesti disertai pemberdayaan serta modernisasi nelayan di Tanah Air. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home