Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:25 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Menteri Urusan Islam Singapura Apresiasi Aplikasi GO Mosque

Yaacob Ibrahim (kaus pink, kiri) menyaksikan aplikasi buatan generasi muda SIngapura. (Foto: berita.mediacorp.sg).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Dr Yaacoob Ibrahim, Menteri Urusan Islam merangkap Menteri Komunikasi dan Informatika Singapura mengapresiasi aplikasi Go Mosque yang diselenggarakan Komunitas Pemuda Muslim Singapura.

"Yang diperlukan generasi muda saat ini  bagaimana IT (Information Technology)  boleh membawa penduduk Singapura ke tahap kehidupan lebih tinggi.  Itulah tujuan Negara Bijak yang dicita-citakan pemerintah  Singapura,” kata Yaacob seperti tertuang berita.mediacorp.sg, Minggu (5/7) saat menghadiri sebuah acara bertajuk Tantangan Teknologi Masjid, di Masjid An-Nahdhah, Singapura.  

Go Mosque  adalah aplikasi yang menggunakan teknologi gamifikasi atau teknik permainan yang menuntun umat Muslim Singapura ke tempat yang nyaman menunaikan aalat Jumat agar dapat mengetahui masjid mana yang tidak terlalu banyak jamaahnya.  

Aplikasi tersebut diciptakan sebuah kelompok bernama MENDAKI. Salah satu anggotanya  Tengku Muhammad Hafidzuddin berkata: “Dengan menggunakan aplikasi kami, setiap Jumat selalu ada masalah tentang tempat yang ada di masjid. Jadi, setiap Jumat, pengguna kami boleh menggunakan  aplikasi kami tentang berapa penuhnya masjid itu,” kata Hafidzuddin.

“Dengan informasi ini, para pengguna boleh buat perancangan untuk pergi ke masjid mana,” kata dia.

 Dia menambahkan aplikasi tersebut bekerja sama dengan beberapa pemuda masjid, dan dia berharap kompetisi inovasi tekonolgi ini dapat menjadi pencetus bagi generasi muda menyumbang karya bagi negara.  

Yaacob menambahkan bahwa generasi muda tidak harus selalu berhura-hura namun ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk masa depan mereka sendiri.

Salah satu inisiator acara,  Rufaidah Kamal, mengatakan para peserta kompetisi sesungguhnya tidak semua melek teknologi atau programming.

“Tetapi  mereka harus mampu membuat teknologi dalam  24 jam,” kata Rufaidah.  (berita.mediacorp.sg).

Ikuti berita kami di Facebook

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home