Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:57 WIB | Kamis, 24 September 2015

Mesir Beli Dua Kapal Perang dari Prancis

Foto pada 5 Maret 2014, menunjukkan kapal perang BPC Vladivostock yang dibuat di Prancis, dan dirancang untuk memperkuat kemampuan Rusia untuk mengerahkan pasukan, tank dan helikopter tempur, meninggalkan Saint Nazaire ini pelabuhan, Prancis barat. (Foto : dari Al Arabiya/AP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Mesir telah menyepakati membeli dua kapal perang Mistral yang dibuat Prancis yang sedianya untuk Rusia, yang dibatalkan penjualannya sehubungan dengan krisis Ukraina, kata presiden Prancis dalam sebuah pernyataan, hari Rabu (23/9) di Paris.

Presiden Prancis, Francois Hollande, dan Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, “telah menyepakati prinsip serta syarat dan ketentuan pembelian dua kapal kelas Mistral oleh Mesir,” menurut pernyataan tersebut.

Kesepakatan itu dicapai lebih dari enam pekan setelah Prancis dan Rusia mencapai kesepakatan untuk membayar ganti rugi penuh kepada Moskow karena membatalkan kesepakatan senilai 1,2 miliar euro (sekitar Rp 19,5 trilun) tersebut.

Mistral pertama seharusnya dikirim ke Rusia pada 2014, sedangkan yang kedua rencananya dikirim tahun ini.

Tapi saat hubungan Barat dan Rusia menghadapi  kebekuan terburuk sejak Perang Dingin terkait krisis di Ukraina, para mitra Prancis mengatakan pengiriman kapal tersebut akan melemahkan upaya untuk mengisolasi Moskow yang telah mencaplok Crimea pada 2014 dan mendukung separatis di Ukraina timur. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home