Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:33 WIB | Selasa, 17 Mei 2016

Mesir Ingatkan Adanya Aplikasi ISIS untuk Anak-anak

Anak-anak yang direkrut oleh militan ISIS. (Foto dari Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN – Dar Al-Ifta, lembaga yang memegang otoritas di Mesir untuk mengeluarkan fatwa Islam, memperingatkan adanya aplikasi android yang dibuat oleh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS atau ISIS) yang ditujukan kepada anak-anak.

Sebuah pernyataan dari Dar Al-Ifta mengatakan bahwa aplikasi yang bernama Hurouf (artinya huruf), bertujuan untuk merekrut anak-anak sejak usia dini menjadi militan. Aplikasi ini mengajarkan anak-anak huruf Arab dengan memberikan contoh pada benda yang berkaitan dengan kekerasan atau topik tersendiri untuk setiap huruf.

Beberapa benda yang digunakan adalah peluru, roket, senapan, pedang, serta hal-hal lain yang "melambangkan kekerasan, pembunuhan dan perang."

Aplikasi itu, menurut pernyataan yang dikutip oleh media Mesir, Al Ahram, menyajikan juga memiliki lagu dengan bendera hitam dari kelompok ISIS di latar belakang dan foto anak-anak memakai topeng hitam, yang  menunjukkan "mereka sebagai contoh untuk diikuti."

Pernyataan tersebut meminta orangtua untuk waspada dalam memantau aktivitas anak-anal dengan media online mereka agar tidak menjadi "sasaran empuk" untuk "cuci otak propaganda" oleh kelompok ISIS.

Al Ahram menyebutkan belum bisa aplikasi itu pada Google Play Store. Namun disebutkan bahwa Google sebelumnya telah menghapus aplikasi Store Taliban yang mempromosikan propaganda dan video dalam bahasa Pashtun.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home