Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:11 WIB | Jumat, 08 Mei 2015

Mesir Sita Sertifikat Saham Perusahaan Pendukung Morsi

Mantan bintang pesepak bola nasional Mesir Mohamed Aboutrika. (Foto: AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Otoritas Mesir menyita sertifikat saham milik mantan bintang pesepak bola nasional Mesir Mohamed Aboutrika di sebuah perusahaan yang dia dirikan di tengah tuduhan bahwa perusahaan itu mendanai Ikhwanul Muslimin, ungkap beberapa pejabat yudisial pada Kamis (7/5).

Otoritas sudah menumpas anggota dan pendukung gerakan Islamis itu sejak Juli 2013, ketika militer menggulingkan presiden Mohamed Morsi, pemimpin pertama Mesir yang dipilih secara demokrasi.

Aboutrika, salah satu pesepak bola Afrika terbaik pada masanya, secara terbuka mendukung pencalonan kepresidenan Morsi pada 2012.

Morsi digulingkan setelah protes massal yang menentang satu tahun pemerintahannya, dan aksi penumpasan berikutnya yang menargetkan pendukung dan gerakan Ikhanul Muslim yang dipimpinnya menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya dipenjara.

Pada Kamis, otoritas tersebut menyita sertifikat saham Aboutrika di perusahaan perjalanan wisatanya, Tours, yang dibangun ketika Morsi masih memimpin, ungkap seorang sumber yudisial.

Pihak berwenang menduga bahwa perusahaan itu mendanai Ikhwanul Muslimin, yang dimasukkan dalam daftar hitam oleh pemerintah sebagai “kelompok teroris” pada Desember 2013.

Aset enam perusahaan lainnya juga disita pada Kamis, dan pengadilan diperkirakan akan memutuskan isu tersebut segera, ungkap beberapa pejabat. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home