Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:41 WIB | Jumat, 02 September 2022

Mikhail Gorbachev Tekejut dan Bingung dengan Invasi Rusia ke Ukraina

Penerjemah Mikhail Gorbachev, Pavel Palazhchenko, yang bekerja dengan mendiang pemimpin Uni Soviet itu selama 37 tahun, berbicara selama wawancara dengan Reuters di Moskow, Rusia, Kamis, 1 September 2022. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Mantan Presiden Uni Sovyet, Mikhail Gorbachev, dikejutkan dan dibingungkan oleh konflik Ukraina di bulan-bulan sebelum dia meninggal, dan secara psikologis dia hancur dalam beberapa tahun terakhir oleh hubungan Moskow yang memburuk dengan Kiev, kata penerjemahnya, hari Kamis (1/9).

Pavel Palazhchenko, yang bekerja dengan mendiang presiden Uni Soviet selama 37 tahun dan berada di sisinya di berbagai KTT Amerika Serikat-Uni Soviet, berbicara kepada Gorbachev beberapa pekan lalu melalui telepon dan mengatakan dia dan yang lainnya terkejut oleh betapa traumanya dia dengan peristiwa-peristiwa di Ukraina.

“Bukan hanya operasi (militer khusus) yang dimulai pada 24 Februari, tetapi seluruh evolusi hubungan antara Rusia dan Ukraina selama beberapa tahun terakhir benar-benar merupakan pukulan besar baginya. Itu benar-benar menghancurkannya secara emosional dan psikologis," kata Palazhchenko kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Sangat jelas bagi kami dalam percakapan kami dengannya bahwa dia terkejut dan bingung dengan apa yang terjadi (setelah pasukan Rusia memasuki Ukraina pada bulan Februari) karena berbagai alasan. Dia percaya tidak hanya pada kedekatan orang-orang Rusia dan Ukraina, dia percaya bahwa kedua negara itu berbaur.”

Presiden Vladimir Putin mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" untuk memastikan keamanan Rusia terhadap aliansi militer NATO yang berkembang dan untuk melindungi penutur bahasa Rusia.

Kiev mengatakan pihaknya membela diri dari perang agresi gaya kekaisaran yang tidak beralasan dan Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Moskow untuk mencoba membuat Putin menarik pasukannya kembali, sesuatu yang dia tidak menunjukkan tanda-tanda akan melakukan.

Dalam foto-foto pertemuan puncak tahun 1980-an dengan Presiden AS, Ronald Reagan, sosok Palazhchenko yang botak dan berkumis dapat dilihat berkali-kali di sisi Gorbachev, bersandar untuk menangkap dan menyampaikan setiap kata.

Sekarang dia berusia 73 tahun, dia berada di posisi yang tepat untuk mengetahui keadaan pikiran mendiang politisi pada periode sebelum dia meninggal, setelah melihatnya dalam beberapa bulan terakhir dan telah berhubungan dengan putri Gorbachev, Irina.

 

Gorbachev, yang berusia 91 tahun ketika dia meninggal pada hari Selasa karena penyakit yang tidak diketahui, memiliki hubungan keluarga dengan Ukraina, kata Palazhchenko. Dia berbicara di markas besar Yayasan Gorbachev di Moskow tempat dia bekerja, dan di mana Gorbachev memiliki kantor yang didominasi oleh potret raksasa mendiang istrinya Raisa yang ayahnya berasal dari Ukraina.

Konflik di Ukraina

Saat menjabat, Gorbachev mencoba untuk menjaga 15 republik Uni Soviet, termasuk Ukraina, bersama-sama tetapi gagal setelah reformasi yang dia lakukan mendorong banyak dari mereka untuk menuntut kemerdekaan.

Pasukan Soviet menggunakan kekuatan mematikan dalam beberapa kasus di hari-hari terakhir Uni Soviet terhadap warga sipil. Politisi di Lithuania dan Latvia mengingat peristiwa itu dengan ngeri setelah kematian Gorbachev, mengatakan mereka masih menyalahkannya atas pertumpahan darah.

Palazhchenko mengatakan Gorbachev, yang menurutnya percaya dalam menyelesaikan masalah hanya melalui cara politik, tidak mengetahui tentang beberapa episode berdarah sebelumnya atau "sangat enggan" mengizinkan penggunaan kekuatan untuk mencegah kekacauan.

Posisi Gorbachev di Ukraina rumit dan kontradiktif dalam pikirannya sendiri, kata Palazhchenko, karena mendiang politisi masih percaya pada gagasan Uni Soviet. “Tentu saja di dalam hatinya jenis peta mental baginya dan bagi kebanyakan orang dari generasi politiknya masih berupa semacam negara imajiner yang mencakup sebagian besar bekas Uni Soviet,” kata Palazhchenko.

Tapi Gorbachev tidak akan mengobarkan perang untuk memulihkan negara yang sekarang sudah mati yang dia pimpin dari 1985-1991, dia mengatakan. "Tentu saja saya tidak bisa membayangkan dia mengatakan 'ini dia, dan saya akan melakukan apa pun untuk memaksakannya'. Tidak."

Sementara Gorbachev percaya tugasnya adalah untuk menunjukkan rasa hormat dan dukungan kepada Putin, mantan penerjemahnya mengatakan bahwa dia berbicara secara terbuka ketika dia tidak setuju dengannya seperti tentang perlakuan media. Tetapi dia telah mengambil keputusan untuk tidak “memberikan komentar yang terus-menerus” tentang Ukraina di luar menyetujui pernyataan pada bulan Februari yang menyerukan diakhirinya permusuhan lebih awal dan agar masalah kemanusiaan ditangani.

Putusan Sejarah

Meski mengakui bahwa beberapa orang Rusia dan orang-orang di seluruh bekas kekaisaran Uni Soviet memiliki pandangan yang sangat negatif terhadap Gorbachev atas gejolak ekonomi dan geopolitik yang mengikuti runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Palazhchenko berpendapat bahwa warisan Gorbachev sangat penting.

Dia tidak hanya membantu mengakhiri Perang Dingin dan mengurangi risiko perang nuklir, katanya, tetapi telah secara sukarela membongkar totalitarianisme di dalam Uni Soviet dan memberi Rusia kesempatan untuk kebebasan dan demokrasi.

“Saya pikir dia tetap optimis tentang masa depan Rusia,” meskipun warisannya sendiri “rusak” dan apa yang dia anggap sebagai “kritik yang tidak adil,” kata Palazhchenko. “Dia percaya bahwa orang-orang Rusia adalah orang-orang yang sangat berbakat dan begitu mereka diberi kesempatan, mungkin kesempatan kedua, bakat itu…akan terlihat.”

Palazhchenko, yang mengenang KTT AS-Soviet Perang Dingin dan mengobrol di limusin dengan Gorbachev setelah pembicaraan Gedung Putih, mengatakan dia dan rekan-rekannya sekarang menghadapi tugas untuk memeriksa dokumen dan buku Gorbachev di luar Moskow sebagai masih banyak materi yang belum dikatalogkan secara sistematis dalam arsipnya.

Tampak marah dengan kritik terhadap Gorbachev sejak kematiannya oleh beberapa orang di media sosial yang dia sebut "pembenci", Palazhchenko mengatakan mantan majikannya berpikir sejarah akan menilainya dengan benar.

“Dia suka mengatakan bahwa sejarah adalah perempuan yang berubah-ubah. Saya pikir dia percaya dan dia berharap putusan akhir akan positif untuknya.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home