Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:14 WIB | Senin, 14 November 2022

Militer Ethiopia dan Tigray Sepakati Peta Jalan Perdamaian

Kepala Staf Lapangan Angkatan Bersenjata Ethiopia, Marsekal Birhanu Jula, kiri, dan Kepala Pasukan Tigray, Letnan Jenderal Tadesse Werede, kanan, bertukar salinan perjanjian yang ditandatangani, pada pembicaraan damai Ethiopia di Nairobi, Kenya, hari Sabtu, 12 November 2022. Komandan militer tertinggi dari Ethiopia dan wilayah Tigray yang diperangi pada Sabtu sepakat untuk mengizinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan ke wilayah tersebut dan membentuk komite perlucutan senjata bersama menyusul gencatan senjata pekan lalu. (Foto: AP/Brian Inganga)

NAIROBI, SATUHARAPAN.COM-Komandan militer tertinggi dari Ethiopia dan wilayah Tigray yang diperangi telah setuju untuk mengizinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan ke wilayah tersebut dan membentuk komite perlucutan senjata bersama setelah gencatan senjata pekan lalu.

Para komandan, yang sejak Senin mengadakan pertemuan di ibu kota Kenya, Nairobi, menandatangani kesepakatan pada hari Sabtu (12/11) yang mereka sebut seruan untuk melepaskan diri dari segala bentuk kegiatan militer.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk melindungi warga sipil dan memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke wilayah yang berpenduduk lebih dari lima juta orang, menurut salinan perjanjian yang dilihat oleh The Associated Press.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa perlucutan senjata akan “dilakukan bersamaan dengan penarikan pasukan asing dan non-(militer Ethiopia)” dari Tigray.

Negosiator utama untuk Ethiopia, Redwan Hussein, mengatakan kepada bahwa acara penandatanganan hari Sabtu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk upaya perdamaian yang sedang berlangsung, mencatat bahwa pertemuan para pemimpin militer berikutnya "kemungkinan besar" akan diadakan di Tigray pada pertengahan Desember sebelum pertemuan terakhir di Addis Ababa, ibu kota Ethiopia, pada bulan Januari.

Dalam pernyataan terpisah hari Sabtu malam, otoritas federal Ethiopia mengatakan bahwa "upaya sedang dilakukan untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke sebagian besar wilayah Tigray yang berada di bawah komando (militer Ethiopia)."

Pernyataan itu mencatat bahwa pertemuan perwakilan militer Ethiopia dan Tigray di Kenya membahas "rencana terperinci untuk perlucutan senjata" terhadap pasukan Tigray, termasuk kesepakatan tentang masuknya pasukan Ethiopia ke ibu kota Tigrayan, Mekele.

Pembicaraan yang dipimpin Uni Afrika di Nairobi mengikuti penghentian perjanjian permusuhan yang ditandatangani oleh pemimpin Ethiopia dan Tigray di Afrika Selatan pekan lalu.

Mantan Presiden Nigeria, Olusegun Obasanjo, yang membantu memfasilitasi pembicaraan, mengatakan pada hari Sabtu bahwa "bantuan kemanusiaan seharusnya dilanjutkan seperti kemarin." Mantan presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, yang juga terlibat dalam pembicaraan itu, berterima kasih kepada para komandan atas komitmen mereka terhadap perdamaian.

Konflik Tigray dimulai pada November 2020, kurang dari setahun setelah Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian karena berdamai dengan Eritrea, yang berbatasan dengan wilayah Tigray dan para pejuangnya berperang bersama pasukan federal Ethiopia di Tigray.

Eritrea tidak secara eksplisit disebutkan dalam perdamaian, dan seorang diplomat yang menghadiri pembicaraan di Nairobi mengatakan bahwa masalah Eritrea adalah poin penting pekan ini.

Pertempuran brutal di Tigray, yang meluas ke wilayah Amhara dan Afar ketika pasukan Tigrayan mencoba untuk mematahkan blokade militer di wilayah mereka, terjadi kembali pada bulan Agustus setelah jeda berbulan-bulan yang memungkinkan ribuan truk membawa bantuan kemanusiaan ke Tigray.

Perang di negara terpadat kedua di Afrika, yang menandai dua tahun pada 4 November, telah menyaksikan pelanggaran yang didokumentasikan di kedua sisi, dengan jutaan orang mengungsi dan banyak yang hampir kelaparan.

Sambungan telepon dan internet ke Tigray masih terputus, dan jurnalis asing serta peneliti hak asasi manusia tetap dilarang, mempersulit upaya untuk memverifikasi laporan kekerasan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home