Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:18 WIB | Senin, 06 November 2023

Militer Rusia Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua

Kapal selam Emperor Alexander III menembakkan rudal Bulava dari posisi bawah air di Laut Putih utara Rusia, dan mencapai sasaran di wilayah timur jauh Kamchatka. (Foto: Layanan Media kementerian Pertahanan Rusa via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Militer Rusia pada Minggu (5/11) melaporkan keberhasilan uji peluncuran peluru kendali (Rudal) balistik antar benua yang dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir dari kapal selam nuklir baru.

Laporan ini muncul ketika ketegangan meningkat antara Rusia dan Barat terkait pertempuran di Ukraina. Menambah ketegangan tersebut, Presiden Vladimir Putin pekan lalu menandatangani undang-undang yang mencabut ratifikasi larangan uji coba nuklir global oleh Rusia dalam sebuah langkah yang menurut Moskow diperlukan untuk membangun kesetaraan dengan Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal penjelajah rudal strategis Emperor Alexander III menembakkan rudal Bulava dari posisi bawah air di Laut Putih utara Rusia, dan mencapai sasaran di wilayah timur jauh Kamchatka. Tidak jelas dari pernyataan kapan uji peluncuran itu dilakukan.

Emperor Alexander III adalah salah satu kapal selam nuklir kelas Borei baru yang masing-masing membawa 16 rudal Bulava dan dimaksudkan untuk berfungsi sebagai komponen inti angkatan laut dari kekuatan nuklir negara tersebut dalam beberapa dekade mendatang.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, peluncuran rudal balistik adalah tes terakhir bagi kapal tersebut, setelah itu keputusan harus dibuat untuk memasukkannya ke dalam armada.

Angkatan Laut Rusia saat ini memiliki tiga kapal selam kelas Borei yang beroperasi, satu lagi sedang menyelesaikan uji coba dan tiga lainnya sedang dibangun, kata Kementerian Pertahanan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home