Loading...
INDONESIA
Penulis: Bob H. Simbolon 14:32 WIB | Minggu, 03 Juli 2016

Minggu Pagi, Antrean Panjang Terjadi Menuju Pelabuhan Merak

Ribuan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). (Foto: Ant/Asep Fathulrahman)

MERAK, SATUHARAPAN.COM - Antrean panjang kendaraan setelah pintu tol Merak menuju Pelabuhan Merak terjadi pada hari Minggu (3/7) pukul 10.00 WIB. Antrean panjang tak dapat dihindari lagi seperti yang terjadi sejak hari Jumat (1/7) malam hingga hari Minggu (3/7) pagi. Antrean panjang diperkirakan terjadi hingga hari Senin (4/7) subuh.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan penggunaan kapal penyeberangan akan mengalami kenaikan 13 persen, truk sebanyak 4 persen, sepeda motor 5 persen, mobil kecil 8 persen, dan bus sebanyak 5 persen. 

Jumlah total penumpang diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta orang, sedangkan total jumlah kendaraan mencapai lebih dari 200.000 unit kendaraan yang akan diseberangkan tahun ini. 

Berdasarkan data ASDP, jumlah trip kapal akan naik 2 persen, dari 1.566 trip pada tahun lalu menjadi 1.597 trip tahun ini. Prediksi adanya lonjakan pengguna jasa ini harus diantisipasi semaksimal mungkin. 

Dari data Antara, tahun-tahun ke depan jumlah penggunaan kendaraan dari Jawa-Sumatera dan sebaliknya akan terus melonjak seiring dengan semakin baiknya perekonomian dan infrastruktur jalan di kedua pulau.

Pemerintahan Jokowi-JK memprioritaskan pembangunan jalan tol trans Jawa dan tol trans Sumatera. Kondisi ini menjadikan keberadaan Jembatan Selat Sunda segera terealisasi. 

Pemerintah dan swasta sudah saatnya mewujudkan jembatan tersebut yang sudah direncanakan sejak pemerintahan Soekarno itu agar drama antrean panjang tidak terulang lagi.(Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home