Loading...
EKONOMI
Penulis: Sotyati 10:48 WIB | Jumat, 28 November 2014

Minim, Pendanaan Pasar Modal Bidang Kemaritiman

Muliaman Hadad. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan pendanaan pasar modal bidang kemaritiman masih minim, yakni sebesar 0,8 persen.

"Kira-kira hanya sebesar 0,8 persen dari total nilai penerbitan efek yang tercatat sebesar Rp 1.092 triliun," katanya di Jakarta, Kamis (27/11).

Ia mengatakan dari sektor pasar modal hingga September 2014 tercatat 17 emiten di sektor kemaritiman dari total 845 emiten, yang memperoleh pendanaan dari pasar modal lebih dari Rp 9 triliun. Pendanaan itu berbentuk saham dan surat utang.

Sebelumnya, Muliaman mengimbau agar sektor jasa keuangan memprioritaskan pemberian kredit dan modal bagi pelaku ekonomi kemaritiman, khususnya nelayan pada Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun depan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan pihaknya akan mendorong sinergi seluruh elemen sektor jasa keuangan dalam memberikan kontribusi dukungan terhadap peningkatan kesejahteraan di bidang ekonomi, khususnya ekonomi kemaritiman.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Nurhaida mengatakan pihaknya mendorong perusahaan kemaritiman untuk  OJK terus mendorong perusahaan maritim agar dapat memperoleh dana di pasar modal demi kelangsungan bisnis.

"Kita selalu dorong, dengan peraturan yang lebih mudah untuk mendapatkan modal usaha," ujarnya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home