Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 21:25 WIB | Kamis, 05 Februari 2015

Moon Dance untuk Sambut Imlek

Moon Dance untuk Sambut Imlek
Cristina Panarese dan Sebastian Gunawan luncurkan koleksi Moon Dance untuk menyambut Tahun Baru Imlek di Hotel Mulia, Jakarta 3 Februari. (Foto-foto: Arselan Ganin/Tim Muara Bagdja)
Moon Dance untuk Sambut Imlek
Koleksi rancangan Moon Dance yang dipamerkan pasangan perancang busana Sebastian Gunawan-Cristina Panarese.
Moon Dance untuk Sambut Imlek
Koleksi rancangan Moon Dance dengan detail chinese tessel.
Moon Dance untuk Sambut Imlek
Koleksi rancangan Moon Dance untuk menyambut Tahun Baru Imlek.
Moon Dance untuk Sambut Imlek
Cristina Panarese dan Sebastian Gunawan bersama seluruh model yang memeragakan koleksi rancangan barunya.

SATUHARAPAN.COM – Perancang busana Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese meneruskan tradisi menggelar peragaan busana untuk menyambut dan merayakan Tahun Baru Imlek. Peragaan koleksi baru 68 gaun bergaris feminin yang menjadi ciri khas pasangan perancang busana itu, digelar di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, 3 Februari, ditutup pameran dua gaun pengantin putih dari koleksi Sebastian Sposa.

Pasangan perancang itu kembali menginterpretasikan gaun cheongsam menjadi beragam busana modern yang kaya siluet, konstruksi, detail, dan kemewahan baru. Seba dan Cristina menampilkannya dalam gaun pendek, gaun panjang, celana terusan, busana dua bagian, hingga busana tiga penggal.

Selain detail bordir di bagian dada dan chinese tessel di antara garis belahan tinggi rok, Seba dan Cristina menampilkan koleksi cheongsam berkerah tinggi, siluet boxy pada blus ataupun gaun terusan, hingga koleksi gaun dengan garis bahu rendah tanpa menghilangkan ciri khas kerah China.

Kemeriahan suasana ditampilkan pasangan perancang itu melalui pemilihan warna yang bervariasi, mulai dari hijau limau, lavender, merah, oranye, selain warna monokromatis hitam, putih, warna-warna perak dan emas, di atas bahan-bahan pilihan lace, brokat, pique, damask, mikado, dan jacquard.   

“Saya memilih tajuk Moon Dance, atau Yue Liang Wu, untuk menggubah eksplorasi busana rancangan yang bernuansa Oriental ini. Selain sebagai perayaan yang membawa makna kebahagiaan, bulan seolah tengah menari mengikuti pergantian musim,” kata Seba mengenai inspirasi karyanya.

Mengedepankan Kreativitas

Perayaan menyambut Tahun Baru Imlek, atau sering disebut Lunar New Year, menjadi peringatan penting bagi warga Tionghoa. Chinese New Year yang jatuh di tanggal berbeda dalam almanak Masehi, mengikuti perputaran bulan dalam perhitungan kalender Tiongkok, juga menjadi penanda pergantian musim.

Bagi pasangan Sebastian dan Cristina, menyambut Tahun Baru Imlek menjadi bagian dari perjalanan karier mereka untuk meluncurkan koleksi baru, selain peluncuran koleksi baru melalui peragaan tunggal tahunan.

Berbeda dengan di pusat-pusat mode di luar negeri yang mengenal empat musim, musim semi-musim panas (spring/summer) dan musim gugur-musim dingin (fall/winter), Indonesia, menurut Sebastian dalam suatu pembicaraan dengan satuharapan.com sebelumnya, memiliki ciri khas. “Pesta” mode di negeri ini, menurut Sebastian, dalam arti peluang besar untuk melahirkan koleksi rancangan, lebih dikaitkan dengan perayaan hari besar keagamaan seperti Lebaran dan Natal, selain Imlek.

Seba dan Cristina termasuk dalam jajaran perancang busana di negeri ini yang mampu  mengembangkan usaha. Walau terasa berat, menurut pengakuannya, Seba optimistis, dengan tak pernah berhenti mencari peluang. Di antaranya, memilih melahirkan koleksi rancangan yang mengedepankan kreativitas. “Dengan demikian produk akan lebih eksklusif dan menyiasati pemasarannya dengan kalender peristiwa yang sesuai, yang mampu menarik konsumen,” kata Seba. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home