Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 15:20 WIB | Kamis, 05 Februari 2015

Lukisan Cezanne Terjual Rp 259,2 Miliar di London

Lukisan karya pelukis Prancis Paul Cezanne, Vue sur L’Estaque et Le Chateau d’If, laku terjual Rp 259,2 miliar di pelelangan, di London, Inggris, Rabu (4/2). (Foto: AFP/Ben Stansall)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan karya Paul Cezanne dijual dengan harga 20,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp 259,2 miliar) dalam sebuah lelang di London pada Rabu (4/2), untuk pertama kalinya karya seni tersebut dijual sejak 1936.

Lukisan Vue sur L’Estaque et Le Chateau d’If yang dianggap langka karena dilukis dalam format vertikal, dilukis Cezanne saat berkunjung ke Kota L’Estaque.

Lukisan tersebut, yang dijual lewat balai lelang Christie’s, menggambarkan sebuah pemandangan dari bukit di atas kota itu, dengan pohon-pohon pinus membingkai atap terakota pelabuhan perikanan dan Laut Mediterania.

Benteng Chateau d’If dari judul lukisan itu terletak di salah satu pulau Frioul yang terlihat sebagai latar belakang dari lukisan tersebut. Harga sebelum penjualannya sekitar 8 hingga 12 juta poundsterling (sekitar Rp 153, 8 miliar sampai Rp 384,6 miliar).

Dibuat pada sekitar 1883 hingga 1885, karya seni itu dibeli kolektor Samuel Courtauld pada 1936 dan tetap dalam koleksi pribadinya sebelum dilepas lewat balai lelang.

Cezanne, pelukis pascaimpresionis kelahiran Aix-en-Provence, Prancis, 19 Januari 1989 itu, pindah ke L’Estaque bersama keluarganya karena pecahnya perang Prancis dan Prusia pada 1870, dan beberapa kali kembali ke kota itu. Lukisan tersebut diciptakan dalam salah satu kunjungan terakhirnya. (AFP/abc.net.au)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home