Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 02:59 WIB | Minggu, 25 Agustus 2013

Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0

Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
Franck Ribery melampiaskan kegembiraan mencetak gol hingga membuka kaos, Ribery memberi keunggulan bagi Munchen. (Foto-foto: fcbayern.telekom.de)
Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
Robben (kaus merah) berusaha mengecoh penjaga gawang Raphael Schaffer (Nurnberg)
Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
Dante (kaus merah, Munchen) tidak kuasa melewati Feulner (Nurnberg, kaus putih)
Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
Shaqiri (kaus merah, Munchen) dijatuhkan secara tidak sengaja oleh Pogatetz (kaus putih)
Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
Robben (kaus merah, Munchen) berebut bola dengan Feulner (kaus putih)
Munchen Tempel Ketat Dortmund di Puncak Klasemen, Bantai Nurnberg 2-0
para pemain cadangan Munchen

MUNCHEN,  SATUHARAPAN.COM – Persaingan ketat liga Jerman hingga pekan ke-3 berlangsung antara Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Sebelumnya Borussia Dortmund menjungkalkan tamunya Werder Bremen 1-0, maka beberapa jam yang lalu Bayern Muenchen menempel ketat Borussia Dortmund di puncak klasemen dengan nilai sama 9.

Gol dari Franck Ribery pada menit ke-68 dan Arjen Robben menit ke-79 memberi kemenangan 2-0 bagi Bayern Munchen, atas tamunya FC Nurnberg, dalam lanjutan Liga Jerman yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Sabtu (24/8).

Perolehan tiga poin bagi anak asuh Josep Guardiola ini mempertahankan rekor 100 persen pertandingan Bayern di Bundesliga sejauh ini, dan kemenangan ini merupakan bersih tanpa kebobolan dalam dua pertandingan berturut-turut setelah pekan lalu mengalahkan Frankfurt 2-0.

Bayern sangat bersemangat pada pertandingan ini karena berada dalam penguasaan bola yang sangat jarang terjadi di Liga Jerman,  yakni dengan 81 persen penguasaan bola berbanding 19 persen, sementara tembakan ke gawang 26 tembakan mengarah ke gawang, di pihak lain Nurnberg sepanjang pertandingan hanya menghasilkan lima tendangan mengarah ke  arah gawang.

Pelatih Josep Guardiola memberi debut di Bundesliga bagi penyerang Mario Goetze, bersama Thiago Alcantara juga membuat penampilan perdananya untuk tim sepakbola dari provinsi Bavaria, Jerman ini.

Di babak pertama, Bayern memang mendominasi permainan hingga akhir, namun ada kalanya mereka nyaris kecolongan, misalnya adalah ketika pada menit ke-15 pertandingan berjalan, bola hidup di dalam kotak penalti Bayern Munchen dan umpan Ginczek memicu kemelut di dalam areal kotak penalti, akan tetapi tendangan keras Plattenhard hanya membentur mistar gawang Munchen yang dikawal penjaga gawang Manuel Neuer.

Pada menit ke-24 bola diagonal dari pemain belakang Munchen Jerome Boateng kepada Mario Mandzukic gagal berbuah gol pada menit ke-24, karena sundulan Mandzukic terlalu pelan sehingga dapat diselamatkan Schafer dengan mudah.

Tujuh menit kemudian, Bayern Munich mendapat hadiah penalti setelah Robben diganjal Schafer di area penalti, hanya saja eksekusi yang diambil David Alaba terlalu mengarah langsung ke kiper Nurnberg, Raphael Schafer.

Pada 55 menit, umpan silang yang dilepaskan pemain belakang kanan Munchen, Philip Lahm untuk Mandzukic, yang menuju ke tanah gagal berbuah gol, karena terlalu jauh dijangkau Mandzukic.

Taktik umpan pendek yang membuat Munchen dominan menguasai bola, terpaksa Guardiola ubah menjadi bola-bola panjang, dan hasilnya terbukti efektif pada menit ke-68, saat umpan silang mendatar dan rendah David Alaba kepada Philip Lahm langsung diberikan lagi kepada Franck Ribery, yang berdiri bebas dan dengan sundulan kepala pemain Prancis itu memberi keunggulan 1-0 bagi Munchen.

Satu gol lagi bagi Munchen dicetak oleh di menit 77 oleh Robben, pemain berkewarganegaran Belanda itu dari sayap kanan, berhasil melewati tiga pemain gelandang Nurnberg, sebelum menyarangkan bola ke sudut jauh gawang Nurnberg, hingga akhir pertandingan skor tetap 2-0 bagi kemenangan Bayern.

Sementara hasil pertandingan pekan ke-3 Bundesliga lainnya adalah, Bayer Leverkusen  4-2  Borussia Monchengladbach,  Hannover 96  2-1 Schalke, Hoffenheim 3-3  Freiburg,  Mainz 2-0 Wolfsburg.

Susunan pemain

Bayern Munich : Neuer, Lahm, Boateng, Dante, Alaba, Schweinsteiger, Robben, Thiago, Götze, Ribéry, Mandzukic

FC Nürnberg: Schaafer , Chandler, Nilsson, Pogatetz, Pinola, Stark, Balitsch, Drmic, Feulner, Plattenhardt ,  Ginczek.

(fcbayern.telekom.de/goal.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home