Loading...
EKONOMI
Penulis: Sotyati 18:51 WIB | Rabu, 15 Oktober 2014

Museum Tekstil Gelar Pameran Batik Pesisir Selatan Jawa Barat

Museum Tekstil Gelar Pameran Batik Pesisir Selatan Jawa Barat
Acara pembukaan Pameran Warisan Budaya "Batik Pesisir Selatan Jawa Barat" di Museum Tekstil Jakarta, 15 Oktober, ditandai dengan mengepakkan kuda kepang. (Foto-foto: Sotyati)
Museum Tekstil Gelar Pameran Batik Pesisir Selatan Jawa Barat
Suasana pameran batik pesisir selatan Jawa Barat di Museum Tekstil Jakarta, yang digelar 15 - 26 Oktober 2014.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Museum Teksil Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pameran Warisan Budaya bertajuk “Batik Pesisir Selatan Jawa Barat”. Pameran yang digelar bekerja sama dengan Yayasan Batik Jawa Barat itu diresmikan oleh Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Prof Dr HM M Ahman Sya, pada Rabu (15/10), dan akan berlangsung hingga 26 Oktober.

Pameran itu digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap batik Indonesia yang telah dikukuhkan UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage).

Kegiatan itu juga ditandai dengan peluncuran buku Batik Pesisir Jawa Barat, sekaligus untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang potensi batik Jawa Barat. “Di toko-toko buku, hamp[ir tidak ada buku tentang batik pesisir selatan Jawa Barat,” Sendy Dede Yusuf ST, Ketua Umum Yayasan Bnatik Jawa Barat mengemukakan alasan pembuatan buku itu.

Aneka koleksi batik yang dipamerkan menyajikan aneka ragam batik Jawa Barat yang menggambarkan eksotika alam, yang dituangkan secara naturalistik. “Keunggulan batik pesisir selatan Jawa Barat adalah warna-warnanya yang kuat dan corak yang diambil dari kearifan lokal, dilandasi falsafah dan adat istiadat,” Sendy menambahkan.

Selain Tari Batik, peragaan kain batik oleh Duta Batik Jawa Barat juga memeriahkan kegiatan itu. Rangkaian acara pembukaan ditutup dengan diskusi buku Batik Pesisir Selatan Jawa Barat, menampilkan nara sumber Dr Yanyan Sunarya MSn dan tim penulis.

Pencinta batik juga bisa mengikuti workshop membatik yang diselenggarakan Sabtu (18/10) dan bazaar batik sampai dengan 19 Oktober.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home