Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:14 WIB | Senin, 03 November 2014

Musikus Jazz Legendaris Acker Bilk Tutup Usia

Musisi jazz legendaris Acker Bilk (kiri) tutup usia pada Minggu (2/10) pada usia 85 tahun. (Foto: dailymail.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Musikus jazz legendaris Acker Bilk tutup usia pada Minggu (2/11) pada usia 85 tahun.

Pemain klarinet sekaligus penyanyi ini sebelumnya memang memiliki riwayat serangan jantung pada 1976 dan kanker tenggorokan pada 2000.

Ia mulai dikenal pada 1951 sejak bergabung dengan jazz tradisional di London. Ia membuat gebrakan pada 1962 melalui lagu berjudul Stranger On The Shore, yang menjadi lagu paling laris di dua negara sekaligus, Inggris dan Amerika Serikat.

Minggu malam, manajer pribadinya, Pamela Frances Sutton, mengatakan, “Bilk mendedikasikan hidupnya untuk musik karena musik adalah hidupnya.”

Sutton yang telah bekerja sebagai manajer pribadi selama 45 tahun menambahkan, "Dia adalah suami yang hebat dan musikus yang luar biasa. Setiap menit dihabiskan dengan kenikmatan. Dia memiliki nada khusus untuk bermain klarinet. Konser terakhirnya beberapa saat yang lalu telah memesona penonton.”

Bilk, mempersunting teman kecilnya, Jean, dan dikaruniai dua anak.  

Bilk membentuk grup musik pertamanya di Bristol. Ia berhasil menjual jutaan kopi rekamannya dan mengadakan tur di seluruh dunia. Konser terakhirnya di Jazz Festival Brecon pada Agustus tahun lalu.(dailymail.co.uk)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home