Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:02 WIB | Kamis, 14 April 2016

Muslim Arab Menjadi Wakil Kepala Polisi Israel

Mayor Jenderal Jamal Hakrush dilantik menjadi Wakil Kepala Polisi Israel, jabatan tertinggi yang pernah dicapai warga Arab Muslim di kepolisian Israel. (Foto: dari Times of Israel)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Israel menunjuk seorang Muslim Arab sebagai Wakil Komisioner Polisi, hari Rabu (13/4). Dia adalah Arab Muslim pertama yang menduduki jabatan peringkat kedua di kepolisian Israel. Dan diaakan mengepalai upaya dalam meningkatkan kepolisian di masyarakat Palestina Arab Israel.

Mayor Jenderal Jamal Hakrush, dari Kafr Kanna, wilayah Galilea, Israel utara, bergabung dengan pasukan kepolisian pada tahun 1978. Dia terus naik pangkat hingga pada posisi peringkat tertinggi kedua di kepolisian Israel. Polisi mengumumkan bahwa Hakrush telah menduduki jabatan itu melalui sebuah upacara yang dipimpin Komisaris Polisi, Roni Alsheih.

Warga Palestina di Israel, menurut AFP, yang tidak diusir setelah pembentukan negara Israel pada tahun 1948, menghadapi diskriminasi yang berat, khususnya terkait dengan pekerjaan dan perumahan. Warga Palestina Arab di Israel sekitar 17,5 persen dari delapan juta penduduk Israel.

Hakrush akan memimpin divisi polisi yang baru dibentuk yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan polisi di masyarakat Arab.

Alsheich memuji Hakrush dan menyerukan warga Arab Israel untuk memenuhi syarat bergabung dalam kepolisian. Alsheich mengatakan bahwa Hakrush, dan Kepolisian Israel, akan bekerja untuk menindak senjata ilegal di masyarakat Arab, kata laporan Times of Israel.

Awal tahun ini, Alsheich mengumumkan sebuah inisiatif baru untuk mengatasi masalah yang "menakutkan dan angkanya tinggi," yaitu kekerasan dalam rumah tangga, pembunuhan, kepemilikan senjata ilegal, dan kejahatan lainnya di sektor Arab.

Program baru yang merupakan gagasan Alsheich dan Menteri Keamanan Umum, Gilad Erdan, adalah merekrut 1.300 petugas baru dan membangun puluhan stasiun baru di pusat-pusat penduduk Arab.

"Masalah ini tidak hanya menjadi perhatian polisi, tetapi juga untuk masyarakat Arab sendiri," kata Alsheich. "Ada keinginan yang kuat untuk memperkuat kepolisian di masyarakat Arab. Saya bertemu puluhan pemimpin dewan lokal Arab dan menemukan ada kemauan besar,’’ katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home