Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:38 WIB | Selasa, 10 Februari 2015

Nantinya Agama di Inggris: Gereja Kulit Hitam dan Islam

Warga Muslim di London, Inggris. (Foto dari Christian Today)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Masa depan agama di Inggris adalah di gereja-gereja yang mayoritas warganya kulit hitam dan Islam, menurut para ahli tentang tren agama di Inggris seperti dilaporkan Christian Today.

Bagi orang-orang Inggris kulit putih, situasinya sangat suram. Pemimpin yang bisa menginspirasi dan membangun jemaat hanya sedikit dan mereka berada jauh.

"Kebanyakan menteri dilantik dengan baik, baik berarti orang-orang dengan kemampuan kepemimpinan sebagai menejer bank," kata Profesor David Voas, yang mengkhususkan diri dalam studi populasi di Universits Essex.

Statistik menunjukkan bahwa Islam dan bentuk baru dari agama Kristen yang merombak Gereja Inggris, sehingga warga Inggris kulit putih kehilangan semangat mereka untuk beribadah.

Dia mengatakan, "Masa depan agama di Inggris dapat ditemukan dalam gereja-gereja yang mayoritas anggotanya kulit hitam, dan Islam.  Muslim sudah memberikan kontribusi sepuluh persen kelahiran di Inggris, dalam beberapa dekade orang-orang dari warisan Islam akan membentuk sepuluh persen dari populasi, bahkan jika imigrasi dihentikan besok.

"Jika cukup jeli, mereka akan membentuk sebagian besar dari penduduk dengan kegiatan keagamaan yang aktif. Kristen dari etnis minoritas juga akan memberi kontribusi besar lainnya," kata dia.

Profesor Voas mengungkapkan tren terbaru itu dalam blog untuk thinktank Theos yang diterbitkan agar Gereja Inggris bersiap untuk memperdebatkan reformasi struktur, pelatihan dan misi di Sinode Umum yang diselenggarakan gereja.

"Sementara kesadaran sekularisasi di Barat adalah proses yang berkelanjutan, dan perilaku sekularisasi perilaku telah mencapai  titik tidak dapat kembali (point of no return)," tulisnya.

Dia mengatakan bahwa para pemimpin denominasi Kristen utama mengajukan pertanyaan yang salah. Masalahnya bukan mengapa orang tinggal jauh dari gereja, tetapi mengapa ada orang pergi ke gereja.

"Tanggung jawab ada di gereja-gereja untuk menawarkan sesuatu yang orang inginkan dan  mengalami kesulitan untuk menemukan di tempat lain," kata dia.

Dia mengatakan hal itu lebih mengeni komunitas agama, dan masalahnya adalah bahwa gereja-gereja lokal "tidak cukup menarik. ‘’Orang tua mungkin membutuhkan, tetapi bagi kaum muda ada terlalu banyak cara alternatif untuk menghabiskan waktu," kata dia.

Sementara itu, sekitar setengah dari orang-orang Inggris yang lahir di awal abad ke-20 masih menyatakan afiliasi mereka ke Gereja Inggris, namun hanya satu dari 20 dari mereka yang lahir pada akhir abad ini melakukannya. Dan semua denominasi Protestan sama-sama terpengaruh.

Selain itu, kepercayaan kepada Tuhan telah mengalami pukulan, kata dia.

Gereja Baru

Dalam blog lain untuk seri Theos yang sama, David Goodhew, direkturpraksis pelayanan pada Cranmer Hall, Durham, mengatakan "gereja ateis"  yang baru di London utara menggambarkan sekularisasi Inggris. Tapi gambar yang lebih kompleks dari itu,  adalah proliferasi gereja-gereja baru dan berkembang di bagian negara itu.

Dia berpendapat bahwa meskipun sering diasumsikan bahwa Inggris akan lebih beragam secara etnis, hal itu akan menurunkan populasi Kristen, dan sebaliknya terjadi  pada gereja Katolik Roma sedang meningkat secara signifikan karena migrasi. Selain itu, sedikitnya 5.000 jemaat baru telah dibentuk di Inggris sejak tahun 1980-an, sebagian besar dari gereja-gereja baru.

"Ke depan, bukti menunjukkan bahwa, di samping potensi besar untuk memunduran, Kristen di Inggris juga memiliki potensi yang cukup besar untuk kebangkitan dalam beberapa dekade mendatang," kata dia.

Nick Spencer yang juga menulis untuk edisi baru buku Profesor Rahmat Davie tentang Agama di Inggris sejak 1945, dan segera akan diterbitkan dengan judul baru, ’’ Religion in Britain: A Persistent Paradox’’ menyebutkan bahwa Theos akan memperdebatkan tentang subjek itu bersama Prof Davie.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home