Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Rabu, 13 Juli 2022

NASA Rilis Gambar Kosmik dari Teleskop James Webb

Gambar yang dirilis oleh NASA pada hari Selasa, 12 Juli 2022, menunjukkan tepi daerah pembentuk bintang muda di dekatnya, NGC 3324 di Nebula Carina. Ditangkap dalam cahaya inframerah oleh Near-Infrared Camera (NIRCam) di Teleskop Luar Angkasa James Webb, gambar ini mengungkapkan area kelahiran bintang yang sebelumnya dikaburkan, menurut NASA. (Foto-foto: NASA, ESA, CSA, dan STScI via AP)

GREENBELT, SATUHARAPAN.COM-Pemandangan gemerlap tentang bayi bintang. Pemandangan biru dan oranye berbusa dari bintang yang sekarat. Lima galaksi dalam tarian kosmik. Kemegahan alam semesta bersinar dalam kumpulan gambar baru yang dirilis pada hari Selasa (12/7) dari teleskop baru NASA yang kuat.

Pembukaan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb senilai US$10 miliar dimulai pada hari Senin (11/7) di Gedung Putih dengan mengintip dari tembakan pertama: kumpulan galaksi jauh yang masuk lebih dalam ke kosmos yang belum pernah dilihat manusia.

Rilis pada hari Selasa menunjukkan bagian dari alam semesta yang terlihat oleh teleskop lain. Tapi kekuatan Webb, lokasi yang jauh dari Bumi dan penggunaan spektrum cahaya inframerah menunjukkan mereka dalam cahaya baru yang menurut para ilmuwan hampir sama dengan seni seperti sains.

"Ini tentang keindahan tetapi juga ceritanya," kata ilmuwan senior Webb NASA, John Mather, seorang peraih Nobel, setelah pengungkapan tersebut. "Ini adalah kisah dari mana kita berasal."

Dan, katanya, semakin dia melihat gambar-gambar itu, semakin dia menjadi yakin bahwa kehidupan ada di tempat lain di ribuan bintang dan ratusan galaksi itu.

Dengan teleskop Webb, ilmuwan berharap dapat melihat sekilas cahaya dari bintang dan galaksi pertama yang terbentuk 13,7 miliar tahun lalu, hanya 100 juta tahun dari Big Bang yang menciptakan alam semesta. Teleskop juga akan memindai atmosfer dunia asing untuk kemungkinan melihat tanda-tanda kehidupan.

"Setiap gambar adalah penemuan baru dan masing-masing akan memberi umat manusia pandangan tentang kemanusiaan yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Administrator NASA, Bill Nelson, hari Selasa, sambil menyusun gambar yang menunjukkan "pembentukan bintang, memasuki lubang hitam."

Penggunaan spektrum cahaya inframerah Webb memungkinkan teleskop untuk melihat melalui debu kosmik dan melihat cahaya yang jauh dari sudut alam semesta, kata para ilmuwan. “Kami benar-benar telah mengubah pemahaman tentang alam semesta kita,” kata direktur jenderal Badan Antariksa Eropa, Josef Aschbacher.

Badan antariksa Eropa dan Kanada bergabung dengan NASA dalam membangun teleskop, yang diluncurkan pada bulan Desember, setelah bertahun-tahun tertunda dan pembengkakan biaya. Webb dianggap sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang sangat sukses, tetapi menua.

Beberapa gambar Hubble yang paling menakjubkan adalah bidikan nebula Carina, salah satu pembibitan bintang terang di langit, sekitar 7.600 tahun cahaya jauhnya. Ilmuwan proyek Webb, Klaus Pontoppidan, memutuskan untuk memfokuskan salah satu pandangan awal Webb pada lokasi itu karena dia tahu itu akan menjadi bidikan kecantikan yang dapat dibingkai. Hasilnya adalah gambar lanskap penuh warna dari gelembung dan rongga tempat bintang-bintang dilahirkan.

“Ini adalah seni,” kata Pontoppidan. “Saya sangat ingin memiliki lanskap itu. Ini memiliki kontras. Kami memiliki warna biru. Kami memiliki emas. Ada gelap. Ada cerah. Ada gambar yang tajam.”

Untuk rilis hari Kamis adalah Tampilan dekat Jupiter yang menunjukkan salah satu cincin redupnya dan beberapa bulannya, katanya.

Bidikan baru lainnya:

  • Nebula Cincin Selatan, yang terkadang disebut “delapan ledakan”. Gambar menunjukkan bintang yang sekarat dengan ujung berbusa dari gas yang keluar. Jaraknya sekitar 2.500 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah 5,8 triliun mil. “Ini adalah akhir untuk bintang ini, tetapi awal untuk bintang lainnya,” kata Pontoppidan. Saat mati, ia membuang bagian-bagian yang menyemai galaksi dengan unsur-unsur yang digunakan untuk bintang-bintang baru, katanya.
  • Stephan's Quintet, lima galaksi dalam tarian kosmik yang pertama kali terlihat 225 tahun lalu di konstelasi Pegasus. Ini termasuk lubang hitam yang menurut para ilmuwan menunjukkan materi yang "ditelan oleh monster kosmik semacam ini." Webb "baru saja memberi kita pandangan baru berusia 290 juta tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang apa yang dilakukan Quintet ini," kata astronom Universitas Cornell Lisa Kaltenegger, yang bukan bagian dari tim Webb, dalam pesan email.
  • Sebuah planet raksasa bernama WASP-96b. Ini seukuran Saturnus dan berjarak 1.150 tahun cahaya. Sebuah planet gas, itu bukan kandidat untuk kehidupan di tempat lain tetapi target utama bagi para astronom. Alih-alih gambar, teleskop menggunakan detektor inframerah untuk melihat komposisi kimia atmosfer planet. Ini menunjukkan uap air di atmosfer planet yang sangat panas dan bahkan menemukan spektrum kimia neon, menunjukkan awan di mana para astronom mengira tidak ada.

Gambar-gambar itu dirilis satu per satu di sebuah acara di Pusat Antariksa Goddard NASA. “Itu menggerakkanmu. Ini sangat indah," kata Thomas Zurbuchen, kepala misi sains NASA setelah acara tersebut. “Alam itu indah. Bagi saya ini tentang kecantikan.”

Teleskop ruang angkasa terbesar dan terkuat di dunia meroket Desember lalu dari Guyana Prancis di Amerika Selatan. Ia mencapai titik pengamatannya satu juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi pada bulan Januari. Kemudian proses panjang mulai menyelaraskan cermin, membuat detektor inframerah cukup dingin untuk mengoperasikan dan mengkalibrasi instrumen sains, semuanya dilindungi oleh kerai seukuran lapangan tenis. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home