Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:22 WIB | Jumat, 14 Oktober 2022

Negara Asia Kehilangan US$ 50 Miliar Cadangan Devisa Akibat Kenaikan Dolar AS

Itu terjadi pada bulan lalu saja, dan tertinggi sejak Maret 2020.
Mata uang dolar AS. (Foto: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Asia menghabiskan sekitar US$50 miliar dalam cadangan devisa bulan lalu, level tertinggi sejak Maret 2020, untuk mempertahankan mata uang mereka dari kenaikan tanpa henti dalam dolar Amerika Serikat.

Exante Data Inc., sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam melacak arus modal global, memperkirakan negara-negara berkembang Asia tidak termasuk China menghabiskan hampir US$ 30 miliar dengan penjualan dolar di pasar spot pada bulan September saja. Jumlah itu naik menjadi US$ 50 miliar ketika Jepang dimasukkan.

Penjualan dolar di wilayah tersebut selama sembilan bulan pertama tahun ini telah mencapai sekitar US$ 89 miliar termasuk Jepang, menandai periode paling aktif untuk pengeluaran valuta asing setidaknya sejak 2008, menurut Exante.

Perusahaan mendasarkan perkiraannya pada data dari bank sentral dan otoritas pemerintah lainnya dan menyesuaikannya untuk perubahan nilai tukar mata uang asing.

Kenaikan terjadi karena Indeks Spot Dolar Bloomberg, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, diperdagangkan pada level tertinggi sepanjang masa setelah kenaikan suku bunga paling agresif sejak 1980-an. Lonjakan greenback telah mengurangi nilai persediaan mata uang lain dalam portofolio bank sentral.

Sementara penjualan dolar baru-baru ini oleh negara-negara termasuk Korea Selatan, India, Taiwan dan Jepang sebagian besar telah dipublikasikan dengan baik, aktivitas oleh negara-negara lain didokumentasikan sebagian besar melalui pelaporan bank sentral.

Selain penjualan Jepang sebesar US$ 20 miliar pada bulan September, Korea Selatan menjual sekitar US$ 17 miliar, menurut Exante, berdasarkan data yang saat ini tersedia dari bank sentral negara tersebut. Hong Kong, Filipina, Taiwan dan Thailand juga merupakan penjual bersih dolar untuk bulan September, menurut perusahaan.

"Mata uang mereka berada di bawah tekanan dalam menghadapi suku bunga yang lebih tinggi, kata Alex Etra," ahli strategi senior di Exante. "Ada tingkat ketidakpastian yang tidak biasa dari suku bunga AS yang tinggi."

Laju intervensi mungkin belum berakhir, dengan penurunan yen ke level terendah dalam lebih dari 30 tahun pada hari Kamis (13/10) membawa kembali obrolan tentang kemungkinan tindakan dari otoritas Jepang setelah aktivitas meningkat bulan lalu.

Yang pasti, pemerintah Asia telah sering menggunakan intervensi di pasar valuta asing di masa lalu untuk memperlambat atau mengendalikan volatilitas, serta melemahkan mata uang. Tetapi penjualan dolar bulan lalu mencapai volume tertinggi yang terlihat pada hari-hari awal pandemi pada Maret 2020.

Penarikan cadangan dapat sebagian berasal dari alokasi ulang aset yang lebih luas serta penurunan valuasi, kata Etra. Tetapi sebagian besar turun ke bank sentral yang perlu menjual cadangan untuk memiliki uang tunai.

Cadangan devisa turun di seluruh dunia. Cadangan global turun lebih dari US$1 triliun, atau 8,9 persen, tahun ini menjadi kurang dari US$12 triliun, penurunan terbesar sejak Bloomberg mulai mengumpulkan data pada 2003. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home