Loading...
RELIGI
Penulis: Ignatius Dwiana 10:28 WIB | Kamis, 08 Agustus 2013

Negara Muslim Ber-Lebaran Kamis, Kecuali Oman

Bulan sabit baru di bulan Syawal tidak terlihat di Arab Saudi pada hari Selasa malam sehingga hari Rabu menjadi tanggal 29 Ramadhan. (Foto al Arabiya)

OMAN, SATUHARAPAN.COM – Beberapa negara Arab dan Muslim telah mengumumkan bahwa hari Kamis  (8/8) adalah Idul Fitri atau Lebaran, akhir dari bulan suci Ramadhan.

Seperti dilansir dari situs al Arabiya, Arab Saudi mengatakan bulan sabit baru bulan Syawal disaksikan di beberapa bagian kesultanan. Bulan Syawal adalah bulan setelah bulan Ramadhan dalam kalender Islam.

"Setelah kesaksian dari sejumlah saksi dewasa yang ditegaskan menyaksikan bulan baru di bulan Syawal setelah matahari terbenam malam ini, Mahkamah Agung Kesultanan Arab Saudi mengumumkan, menyusul babak luar biasa untuk mempertimbangkan apakah ada laporan tentang penampakan bulan baru Syawal, bahwa besok Kamis diberkati Idul Fitri 1434 Hijriah, "kata Mahkamah Kesultanan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita negara.

Uni Emirat Arab, Kuwait, Yordania, Mesir, dan Palestina juga melaporkan penampakan bulan sabit Syawal. Sementara Oman mengumumkan bahwa bulan sabit Syawal belum terlihat dan Idul Fitri akan ditandai pada hari Jumat.


Bulan sabit baru di bulan Syawal tidak disaksikan di Arab Saudi sehingga hari Rabu akan menjadi hari ke-29 bulan Ramadhan. Demikian Mahkamah Agung Saudi mengumumkan.

Sehari sebelumnya, Mahkamah Agung Saudi meminta masyarakat untuk mencari bulan sabit baru di bulan Syawal pada hari Selasa malam untuk menentukan Idul Fitri.

Pengadilan mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Mereka yang menyaksikan bulan harus memberitahukan pengadilan terdekat. Jika bulan tidak terlihat pada hari Selasa, mereka harus mencarinya pada Rabu malam.”

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home