Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:17 WIB | Jumat, 20 Juni 2014

Negeri Matahari Terbit Tahan Yunani Tanpa Gol

Negeri Matahari Terbit Tahan Yunani Tanpa Gol
Gelandang Jepang, Makoto Hasebe (kiri) dikawal ketat Giannis Maniatis (kanan, Yunani), pada laga yang berlangsung Jumat (20/6) pagi. (Foto: fifa.com).
Negeri Matahari Terbit Tahan Yunani Tanpa Gol
Klasemen sementara Grup C Piala DUnia 2014. (sumber: fifa.com).

NATAL, SATUHARAPAN.COM – Jepang dan Yunani gagal menebus kekalahan di pertandingan pertama Piala Dunia, setelah pada Jumat (20/6) pagi WIB bermain imbang tanpa gol pada pertandingan Grup C  di Stadion Arena Das Dunas, Natal, Brasil.

Setelah dua pertandingan, Jepang berada di peringkat ketiga, diikuti Yunani di posisi terakhir, pimpinan klasemen grup ditempati Kolombia, dan posisi selanjutnya Pantai Gading.  

Pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni mantap menurunkan tiga penyerang lini depan, walau sesungguhnya pelatih berusia 52 tahun itu berharap lebih banyak dengan akurasi bola-bola mati Keisuke Honda, karena gelandang berkaki kidal ini saat merumput bersama klubnya, CSKA Moskow memiliki catatan cukup baik dalam gol dari tendangan bebas maupun penalti.

Walau Jepang sedikit diunggulkan karena kecepatan pemain, Pantagionos Kone malah mengawali kesempatan pertama mencetak gol bagi Yunani menit ke-11,

Lewat serangan balik cepat, gelandang yang bermukim di klub Yunani, AEK Athena ini membawa bola dari garis tengah dan melepas bola dari jarak jauh ke gawang Jepang. Tapi kiper Kawashima masih bisa menghalaunya di menit sepuluh.

Sembilan menit kemudian, Osako punya kans untuk membawa timnya memimpin, berawal dari aksi individu Osako yang menggiring bola dari sisi kanan pertahanan Yunani, Osako melepas bola dari luar kotak penalti. Kiper Yunani, Angels Karnezis gagal menjangkau bola, tapi arah bola   menyamping dari gawang tim Seribu Dewa.

Di menit 28, Keisuke Honda mencoba peruntungan lewat momentum tendangan bebas. Arah bola tendangan Honda sudah tepat, tapi bola masih dengan mudah diblok Karnezis.

Babak pertama berakhir tanpa gol, dan gebrakan Jepang dimulai di babak kedua saat Honda  menguji lagi ketangguhan Karnezis di menit ke-53, lewat skema serangan cepat antara Honda, Hiroyuki Endo dan satu lagi gelandang Jepang yang merumput di Manchester United, Shinji Kagawa bola berhasil tiba di kaki Honda, akan tetapi Karnezis pun sigap dan cekatan menangkap bola di bawah gawang Yunani.   

Di sepuluh menit terakhir pertandingan, Jepang meningkatkan tensi serangan mereka. Uchida beberapa kali mengirim umpan silang mendatar atau pun lambung ke jantung pertahanan Yunani, tapi tak ada pemain Jepang yang menyambutnya.

Sementara Yunani sempat mencuri peluang lewat bola tendangan kencang yang dilesakkan gelandang Giorgios Halebast, akan tetapi bola masih bisa diblok kiper Jepang, Eeiji Kawashima.

Hingga akhir pertandingan kedua kesebelasan tidak berhasil menjebol gawang lawan dan skor 0-0 bertahan hingga wasit Joel Aguilar dari El Salvador meniup peluit panjang.  

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima, Uchida, Yoshida, Konno, Nagatomo, Yamaghuci, Hasebe, Okazaki, Honda, Okubo, Osako.  

Yunani: Karnezis, Torosidis, Manolas, Sokratis, Holebas, Maniatis, Katsouranis, Kone, Fetfatzidis, Mitroglou, Samaras. (sportsmole.co.uk/fifa.com/wikipedia.org).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home