Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:09 WIB | Selasa, 01 Juli 2014

Negeri Menara Eiffel Kalahkan Nigeria 2-0

Negeri Menara Eiffel Kalahkan Nigeria 2-0
Ogenyi Onazi (Nigeria, kaus hijau) menempel ketat Matuidi (Prancis, kaus putih). (Foto-foto: fifa.com).
Negeri Menara Eiffel Kalahkan Nigeria 2-0
Pendukung Prancis di dalam stadion.
Negeri Menara Eiffel Kalahkan Nigeria 2-0
Mattieu Debuchy (Prancis) berusaha merebut bola yang dikendalikan Ahmed Musa (Nigeria, kaus hijau).
Negeri Menara Eiffel Kalahkan Nigeria 2-0
Pendukung Prancis di dalam stadion.

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Prancis mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0 pada perdelapan final  Piala Dunia 2014 yang berlangsung Senin (30/6) malam WIB di Stadion Nacional, Brasilia.

Prancis yang melaju perdelapan final setelah memuncaki grup E dengan mengoleksi tujuh angka, sempat kecolongan bola di menit-menit awal dari Nigeria yang lolos duduk di posisi kedua grup F dengan poin empat.

Bermula dari bola yang awalnya dikuasai Matuidi malah direbut Ogenyi Onazi dan kemudian bola tersebut langsung diteruskan ke Peter Odemwingie namun sayang peluang ini di menit keenam ini gagal, karena dua palang pintu negeri Menara Eiffel, Patrice Evra dan Laurent Koscielny mengagalkan bola yang telah dikuasai Odemwingie.

Nigeria menguasai bola menit ke-17, dan dari situasi bola mati, mereka mendapat peluang melalui tendangan bebas, eksekusi bola dari Emmanuel Emmenike membentur tembok pertahanan dan melambung jauh dari gawang Hugo Lloris,  kiper Prancis.

Dua menit kemudian tanda bahaya bagi lini belakang negeri Mneara Eiffel karena Matthieu Debuchy dan Raphal Varane nyaris tidak melihat pergerakan Ahmed Musa yang mendapat umpan dari Emmenike, bola kembali mampir ke Emmenike, akan tetapi wasit menganggap pemain Fenerbahce ini berada dalam posisi offside.

Anak asuh Didier Deschamps bukannya tanpa peluang, Matthieu Debuchy menerima umpan dari hasil kerja sama dua rekannya, Paul Pogba dan Valbuena, akan tetapi bola yang dia terima melenceng dari gawang Nigeria di bawah pengawalan Enyeama, babak pertama berakhir tanpa gol.

Odemwingie mengancam gawang Prancis menit ke-64, kerja sama dengan Jan Obi Mikel dan Onazi nyaris berbuah gol, beruntung bagi anak asuh Didier Deschamps karena Hugo Lloris sigap mengamankan gawang hasil sepakan Odemwingie itu.

Peluang jarang tercipta pada awal babak pertama hingga paruh kedua, tetapi beberapa pelanggaran keras terjadi hingga Matuidi mendapat kartu kuning pertama menit ke-60 karena melanggar Onazi yang sudah jauh menguasai bola.

Masuknya Antoine Griezmann menambah daya gedor Prancis, penyerang Real Sociedad itu diinstruksikan Deschamps menggantikan Olivier Giroud. Kerja sama Griezmann dan Karim Benzema mengancam gawang Nigeria, karena Benzema yang telah menguasai bola dan tinggal berhadapan dengan Enyeama, ternyata berhasil mengecoh kiper Nigeria tersebut, bola yang tinggal masuk ke gawang masih berhasil dihalau Victor Moses, bek Nigeria.

Griezmann mengancam gawang Nigeria menit ke-76, bola sodorannya dari sebelah kiri penyerangan Prancis menuju ke kepala Benzema namun terlebih dahulu dihalau Enyeama.

Dari sebuah tendangan penjuru yang dieksekusi Valbuena, bola mampir ke kepala Benzema. Beruntung bagi Nigeria karena Victor Moses menyelamatkan gawang Nigeria dari kebobolan.

Bola masih belum dapat keluar dari kotak penalti Nigeria karena masih terancam tendangan Yohan Cabaye, bola tendangan gelandang Paris Saint Germain ini membentur mistar.

Kerja keras anak asuh Didier Deschamps membuahkan hasil menit ke-79, dan sundulan dari Paul Pogba membuat Prancis unggul 1-0, karena bola tidak dapat terjangkau Enyeama.

Prancis memastikan langkah ke perempat final usai terjadi gol menit ke-90, proses gol terjadi dari bola umpan Matthieu Valbuena yang seharusnya mengenai Antoine Griezmann, akan tetapi malah mengenai Joseph Yobo, bek Nigeria malah salah mengantisipasi bola sehingga membuat gol bunuh diri yang menjadikan Prancis unggul 2-0, dan hingga peluit panjang dibunyikan wasit Mark Geiger, tidak ada gol tambahan.

Susunan Pemain

Nigeria: Vincent Enyeama, Joseph Yobo, Efe Ambrose, Juwon Oshaniwa, Kenneth Omeruo, Ahmed Musa, Peter Odemwingie, John Obi Mikel, Ogenyi Onazi, Victor Moses, Emmanuel Emenike.

Prancis: Hugo Lloris, Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Laurent Koscielny, Raphael Varane, Yohan Cabaye, Blaise Matuidi, Paul Pogba, Olivier Giroud, Karim Benzema, Mathieu Valbuena. (sportsmole.co.uk/ fifa.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home