Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:27 WIB | Senin, 17 November 2014

Nigeria Rebut Kembali Kota Chibok dari Boko Haram

Peta yang menunjukkan letak Kota Chibok. Kota Chibok yang sempat diduduki Boko Haram pada Kamis (13/11) lalu berhasil direbut kembali oleh Pasukan Nigeria didukung warga sipil pada Sabtu (15/11) malam. (Foto: nta.ng)

CHIBOK, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Nigeria didukung warga sipil berhasil merebut kembali Kota Chibok dari militan Boko Haram pada Sabtu (15/11) malam. Juru bicara militer Kolonel Sani Usman pada Minggu (16/11) mengatakan kota tersebut sebelumnya telah disita militan Boko Haram pada Kamis (13/11).

"Pasukan kami telah merebut kembali Kota Chibok dari teroris Boko Haram yang menyerang pada Kamis lalu," kata Usman.

"Kota ini direbut kembali oleh pasukan yang bekerja sama dengan warga sipil pada Sabtu kemarin. Pasukan masih melakukan operasi sapu bersih di desa-desa terdekat untuk mengusir sisa-sisanya,” Usman menambahkan.

Pogu Bitrus, Ketua Forum Orangtua Kota Chibok mengatakan, "Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa Chibok telah direbut kembali dari Boko Haram oleh warga kami dengan bantuan tentara," ujarnya.

Bitrus mengatakan kini ia dapat menggunakan kembali jaringan telekomunikasi.

Warga sipil dalam beberapa hari terakhir tengah berperang melawan militan Boko Haram yang telah menduduki lebih dari 24 kota dan desa di timur laut Nigeria dalam dua bulan terakhir.

Puluhan militan Boko Haram datang ke Chibok pada Kamis pekan lalu sekitar pukul empat pagi waktu setempat. Saat itu, tentara kota dan warga lokal terlibat baku tembak dengan militan Boko Haram.

Para militan meledakkan semua menara telekomunikasi di kota dengan granat dan membuat komunikasi di kota tersebut lumpuh seketika. (cnn.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home