Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:00 WIB | Sabtu, 17 Oktober 2015

NIIS Janjikan Imbalan Rp 135 Juta bagi Perekrut Militan

Militan asing yang bergabung dengan NIIS di Suriah. (Foto: dok. satuharapan)

JAKARTA. SATUHARAPAN.COM – Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) memberi imbalan sebesar US$10.000 (setara Rp 135 juta) bagi anggotanya yang berhasil merekrut anggota baru milisi mereka. Imbalan berlaku jika mendapat anggota yang memiliki keterampilan khusus.

Ketua Kepala Studi PBB, Elzbieta Karska, seperti dikutip AFP, mengatakan bahwa anggota NIIS dibayar 10 ribu dolar bagi yang berhasil merekrut orang baru yang mau bergabung dengan NIIS.  

“Kami sudah mendengar bahwa anggota NIIS diberi seribu, dua ribu sampai 10.000 dollar AS bagi yang berhasil merekrut anggota baru,” Kata Karska, ketika memberikan keterangan di Burssels.

Karska menambahkan bahwa saat ini jumlah perempuan yang meninggalkan Belgia meningkat. Diperkirakan mereka pindah untuk menikah dengan para jihadis atau merawat anggota NIIS yang sakit atau terluka. Sedangkan jumlah laki-laki yang berjihad menurun hampir 10 orang per bulan dalam waktu tiga tahun terakhir, bahkan empat sampai lima orang per bulan tahun ini.

Karska mengatakan bahwa tahun lalu, pendaftaran dibuka secara tidak formal (dari mulut ke mulut) dan melalui media sosial. Saat ini diperkirakan terjadi peningkatan jumlah anggota NIIS, karena adanya tambahan imbalan bagi yang berhasil merekrut anggota baru. Besarnya imbalan yang diberikan juga bergantung pada keterampilan orang yang mereka rekrut. (YS)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home