Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:15 WIB | Sabtu, 17 Oktober 2015

AS Akan Gelar Operasi Anti-Boko Haram di Nigeria

Presiden Prancis Francois Hollande (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari saat dia menyambutnya di Istana Kepresidenan Elysee di Paris pada 14 September 2015. Presiden Muhammadu Buhari ingin meminta dukungan dalam perlawanannya terhadap Boko Haram di tengah lawatan ke Paris yang dimulai pada 14 September, lebih dari tiga bulan setelah dia berkuasa di negara dengan perekonomian terbesar di Afrika itu. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat (AS) akan melaksanakan operasi pengintaian dan intelijen terhadap Boko Haram di Nigeria, kata narasumber yang mengetahui rencana itu kepada AFP hari Jumat (16/10), peningkatan signifikan peran Washington dalam memerangi kelompok ekstremis. 

Sejumlah operasi akan dilancarkan sebagai bagian dari pengiriman hingga 300 personel militer ke Kamerun yang baru-baru ini diumumkan, ujar pejabat. 

“Ini akan menjadi bagian dari operasi anti-Boko Haram kami yang akan dijalankan di seluruh kawasan tersebut,” kata salah satu narasumber yang namanya enggan disebutkan.

Operasi itu tidak akan meliputi pengerahan pasukan darat atau misi tempur, namun akan menjalankan operasi militer AS terhadap Boko Haram di Nigeria untuk pertama kalinya.

“Itu misi pengintaian dan pengumpulan data intelijen, tidak terkait serangan,” kata narasumber itu.

Presiden AS Barack Obama pada hari Rabu mengumumkan 90 personel AS sudah dikirim ke Kamerun dan kemungkinan jumlah pengiriman itu mencapai 300 personel. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home