Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:17 WIB | Jumat, 12 Desember 2014

Normalisasi Saluran Air, Dinas PU Atasi Jakarta Tenggelam

Normalisasi Saluran Air, Dinas PU Atasi Jakarta Tenggelam
Upaya normalisasi saluran air dilakukan oleh Dinas PU bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk mengatasi banjir di Jakarta. (Foto-foto: Twitter @BPBDJakarta)
Normalisasi Saluran Air, Dinas PU Atasi Jakarta Tenggelam
Petugas Dinas PU dan masyarakat sedang membersihkan gorong-gorong dari sampah yang menumpuk.
Normalisasi Saluran Air, Dinas PU Atasi Jakarta Tenggelam
Normalisasi juga dilakukan di sungai.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jakarta bersama masyarakat menggalakkan aksi bersih-bersih saluran air untuk mengatasi banjir.

Upaya bersih-bersih saluran air sebelumnya memang telah menjadi kegiatan rutin dinas PU. Namun, memasuki bulan Desember yang identik dengan musim hujan, pihak Dinas PU dibantu masyarakat meningkatkan intensitas untuk melakukan upaya normalisasi pada saluran air guna meminimalisasi dampak banjir yang setiap tahun rutin menyambangi Jakarta.

Berbagai foto bersih-bersih saluran air oleh Dinas PU ini diabadikan dan dipublikasi melalui akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta.

Saat dikonfirmasi satuharapan.com pada Jumat (12/12) siang, Oscar Sulaiman Putra dari BPBD mengatakan foto-foto yang diambil dari berbagai titik saluran air di Jakarta Barat dan Jakarta Utara ini  memang sengaja dikirim oleh Dinas PU.

Pengunggahan foto bersih-bersih melalui akun Twitter BPBD Jakarta secara implisit mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran terhadap alam dan lingkungan sekitar.

“Kalau nggak dilakukan upaya seperti ini, Jakarta bisa tenggelam,” kata Putra.

Tak hanya melibatkan masyarakat, Dinas PU juga menggandeng TNI dan Polri untuk membantu membersihkan saluran air yang telah tertimbun ribuan, bahkan jutaan sampah non-organik.

“Kerja sama bersih-bersih sampah yang menumpuk di saluran air oleh TNI- Polri dan Dinas PU ini dilakukan seminggu sekali, waktu hari Minggu,” ujar Putra. 

Normalisasi saluran air disampaikan Putra tak hanya dilakukan di Jakarta Barat dan Jakarta Utara saja, namun juga di seluruh titik di Jakarta. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home