Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 16:13 WIB | Kamis, 16 Januari 2014

NSA Dapat Mengintip Komputer yang Tidak Tersambung Internet

Pada akhir November 2013 lalu beberapa bus di Washington DC ada yang bersticker ThankYouEdSnowden.org sebagai bentuk kampanye melawan kebijakan NSA. (Foto dari voiceofrussia.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Keamanan Nasional Amerika Serikat (NS) dapat menyadap komputer tanpa harus terhubung dengan internet. Mereka menggunakan gelombang radio dan kartu USB ditanamkan.

Agen NSA  berhasil menyelinapkan perangkat lunak (software) “pengintip” ke hampir 100.000 komputer di seluruh dunia. Bahkan,  software tersebut dapat menggunakan komputer yang tidak terhubung ke internet untuk memata-matai dan melakukan serangan cyber. NSA terhubung pada saluran rahasia gelombang radio yang ditransmisikan dari sirkuit kecil dan kartu USB yang ditanamkan oleh mata-mata atau produsen yang dekat dengan NSA untuk memata-matai komputer offline.

Target NSA meliputi unit tentara Cina, jaringan militer Rusia, sistem yang digunakan oleh polisi Meksiko dan kartel narkoba, lembaga-lembaga perdagangan Uni Eropa, serta mitra AS seperti Arab Saudi, India, dan Pakistan. Perincian tersebut muncul dari info terbaru yang dibocorkan mantan kontraktor NSA Edward Snowden.

Badan mata-mata mengatakan tidak menggunakan software atau teknologi frekuensi radio khusus tersebut di dalam Amerika Serikat. Mereka menyebut taktik sebagai “pertahanan aktif” terhadap serangan cyber asing.

Presiden Barack Obama dikabarkan akan mengumumkan beberapa pembatasan pada kegiatan penyusupan NSA Jumat (17/1). (Time.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home