Loading...
MEDIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:38 WIB | Senin, 14 Maret 2016

Obama Minta Pengusaha Teknologi Kerja Nyata untuk Peradaban Informasi

Barack Obama saat menjadi pemateri di SXSW, di Austin, Texas, Amerika Serikat, hari Minggu (13/3). (Foto: ibtimes.co.uk).

TEXAS, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta pengusaha teknologi komunikasi melakukan kerja nyata untuk perkembangan peradaban Informasi di negeri Paman Sam. 

“Saat ini kita harus memulai platform baru dalam konsep ide  teknologi informasi, karena sebenarnya banyak ide baru muncul setelah kita semua memahami seluruh disiplin ilmu dan teknologi sehingga keahlian kita dapat menjadi pemecah masalah,” kata Obama saat menghadiri  acara South to Southwest (SXSW) di Austin, Texas, seperti diberitakan situs berita kewirausahaan, enterpreneur.com, hari Minggu (13/3).

“Saya berada di sini untuk merekrut anda semua,” kata dia.

SXSW – seperti dijelaskan dalam situs resmi sxsw.com – merupakan perhelatan multi event yang diselenggarakan pada bulan Maret setiap tahunnya di Austin, Texas, AS yang meliputi film, media interkatif, festival musik dan konferensi.

SXSW – seperti dijelaskan dalam situs resmi sxsw.com – pertama kali diselenggarakan pada 1987. Tidak kurang 30.000 praktisi hiburan dan 3.000 media massa berpartisipasi dalam setiap perhelatan mulai dari perusahaan pembuat alat musik, kritikus musik dan film, promotor, label, publisher, percetakan yang membuat kover album, sampai rumah produksi film.

Obama menyebut bahwa saat ini terjadi kesenjangan antara teknologi digital yang sedang dilaksanakan swasta dan yang dikerjakan pemerintah.

Presiden Obama, dalam interview dengan editor situs berita negara bagian Texas, The Texas Tribune Evan Smith mengemukakan  masyarakat Amerika Serikat saat ini sangat penting dalam mengembangkan keterbukaan informasi dan teknologi. “Saat ini adalah era teknologi dan  keterlibatan masyarakat penting dalam teknologi di abad ke-21,” kata Obama.

Teknologi tersebut, kata Obama, bukan teknologi dalam artian sekadar penyerapan tenaga kerja, namun teknologi penunjang keamanan komunikasi.  

Bagi warga Amerika Serikat, Obama menambahkan bila memperbaiki sistem pembagian teknologi maka dimungkinkan akan memiliki dampak luas.

“Jika pengusaha membuat komunikasi dengan lebih mudah maka masyarakat memiliki kemampuan berinteraksi dengan pemerintah dalam berbagai hal,” kata Obama.

Obama menambahkan bahwa salah satu contoh penerapan teknologi dan umpan balik (feedback) dari masyarakat  yakni  transparansi pajak.

Keamanan Teknologi

Pada masalah hak privasi dalam dunia maya, Obama mengatakan pengalamannya di bidang hukum, dia lebih ingin ada teknologi informasi yang dapat  melindungi kebebasan hak-hak sipil.

Dia memperingatkan masyarakat Amerika Serikat memiliki pandangan tentang masalah ini dan meminta para pemimpin teknologi untuk  yang menyeimbangkan kebutuhan penegakan hukum dengan masalah privasi.

"Amerika Serikat saat ini membutuhkan komunitas teknologi untuk membantu kami menyelesaikan masalah ini," kata Obama.

(entrepreneur.com/sxsw.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home