Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 01:55 WIB | Sabtu, 05 Maret 2016

Shaggydog ke Amerika Ramaikan SXSW 2016

Barack Obama dan Michele Obama berbicara di forum SXSW Interactive-Music
Shaggydog Goes to SXSW 2016. (Foto: DoggyHouse Records Manajemen)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Melalui booking agency DoggyHouse Records Manajemen, akhir tahun 2015, pada 15-20 Maret 2016 Shaggydog, grup musik beraliran reage-SKA asal Yogyakarta diundang untuk pentas pada The South by Southwest (SXSW) Music Conferences & Festival  di Austin, Texas, Amerika Serikat. Undangan ke SXSW 2016 menambah daftar tour Shaggydog ke luar negeri setelah sebelumnya ke Belanda di tahun 2004 dan 2006, serta Australia di 2009.

SXSW merupakan perhelatan multi-event yang diselenggarakan pada bulan Maret setiap tahunnya di Austin, Texas, AS meliputi film, media interkatif, festival musik dan konferensi. SXSW pertama kali diselenggarakan pada 1987. Tidak kurang 30.000 praktisi hiburan dan 3.000 media massa berpartisipasi dalam setiap perhelatan mulai dari perusahaan pembuat alat musik, kritikus musik dan film, promotor, label, publisher, percetakan yang membuat kover album, sampai rumah produksi film.

Figur penting dalam dunia hiburan juga banyak yang menjadi pembicara di panel diskusi musik SXSW semisal Elliott Mazer (produser Neil Young), Tony Brown (MCA Records), David Fricke (majalah musik Rolling Stone). Bintang film Sandra Bullock, Paul Walker, Ethan Hawke, Elijah Wood sampai sutradara sekelas Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez pernah menjadi talent dan pembicara di panel diskusi film SXSW.

Di bidang teknologi tercatat Edward Snowden, Mark Zuckerberg, Al Gore dan Sean Parker (Napster) pernah didaulat sebagai pembicara di SXSW Interactive.

Band dan musisi sebesar Metallica, Coldplay, Justin Timberlake, Tori Amos, Prince, Lionel Richie, Bruce Springsteen, Hanson, Norah Jones, Iggy Pop, Green Day, Johnny Cash sampai The SIGIT dan White Shoes And The Couple Company pun pernah bermain di event musik SXSW.

Shaggydog Pentas Dua Kali di SXSW 2016

Rencana keberangkatan Shaggydog ke Austin, Texas mengikuti SXSW 2016 sebenarnya sudah pernah disampaikan personil Shaggydog beberapa waktu lalu, namun masih belum disampaikan ke khalayak ramai.

"Rencananya kami akan rilis album baru sekitar bulan April (2016). Dalam waktu dekat, paling kita ikut PKK. Sebenarnya ada rencana yang lebih besar. Tapi akan kami kabari kalau sudah pasti. Tidak (waktu) sekarang, malu kalau tidak jadi (terlaksana). hehe...," kata Lilik didampingi Heru personil Shaggydog pada satuharapan.com di sela-sela persiapan pentas di Pasar Keroncong Kotagede (PKK), 10 Desember tahun lalu.

Di ajang SXSW 2016, Shaggydog akan tampil dua kali yaitu di Flamingo Cantina (515 E 6th St) pada hari Kamis (17/2) dan di Russian House (307 E 5th St) hari Sabtu (19/3). Beberapa grup band yang akan tampil di antaranya Mercury Rev, legenda Pop Punk, NOFX, Rapper Taiwan, juga Aristophanes.

Martinus Indra Hermawan, General Manager DoggyHouse Records dalam keterangan tertulis pada satuharapan.com hari Jumat (4/3) menjelaskan bahwa selain berpartisipasi di SXSW 2016 sekaligus promosi beberapa materi album baru yang sekarang masih dalam proses dan rencananya akan rilis pada bulan April-Mei tahun ini. Beberapa lagu album baru itu menurut Martinus berbahasa Inggris.

Ini menjadi pencapaian membanggakan bagi musisi tanah air setelah sebelumnya pada bulan Oktober 2015 Orkes Sinten Remen yang juga berasal dari Yogyakarta diundang dalam Ringling International Art Festival (RIAF) 2015. Terlebih pada SXSW 2016, Presiden AS Barack Obama pun turut diundang untuk berbicara pada SXSW Interactive, Jumat (11/3) tentang inisiatif pelibatan masyarakat sipil pada abad ke-21 dalam membangun prakarsa bersama mewujudkan masa depan dunia dengan kehidupan yang saling mengait. Pada panggung yang lain di SXSW Music, Ibu Negara AS Michelle Obama akan berbicara tentang inisiatif pemecahan masalah 62 juta kaum perempuan di dunia yang tidak bersekolah, dimana separuhnya adalah remaja.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home