Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:22 WIB | Selasa, 23 Juli 2013

Obesitas Salah Satu Pemicu Osteoporosis

Tulang yang mengalami osteoporosis akibat obesitas pada tubuh (foto:BBC)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Obesitas merupakan faktor pemicu timbulnya penyakit tulang rapuh (osteoporosis). Para peneliti Amerika Serikat (AS) telah menemukan bahwa orang yang mempunyai kelebihan berat badan dapat menimbun lemaknya dalam tulang mereka dan hal itu  membuat rentan terhadap patah tulang.

Tim dari Sekolah Medis Havard di Boston melakukan scan tubuh pada 106 pria dan wanita gemuk. Hasil scan mengungkapkan bahwa lemak tersebut telah tertimbun di tempat-tempat seperti hati, otot dan sumsum tulang seperti perut, pinggul atau paha.

Menurut Dr Miriam Bredella, lemak tersebut bentuk seperti apel yang dapat menambah berat badan di daerah pinggang dan juga dapat menimbullkan risiko yang besar.

Lemak Pada Tulang

Sumsum tulang adalah tempat di mana sel-sel mengalami pembentukan menjadi sel-sel tulang yang baru atau yang dikenal dengan sel osteoblas yang hidup.

Dr Bredella mengatakan, jika sumsum tulang tersebut terisi oleh sel-sel lemak maka akan menyebabkan sel-sel tulang tersebut menjadi lemah. “Jika Anda memiliki tulang belakang yang penuh dengan lemak, maka tulang tersebut tidak akan kuat,“ kata Dr Bredella.

Hampir tiga juta orang di Inggris diperkirakan mengalami osteoporosis. Kondisi ini mengakibatkan penurunan kualitas tulang dan dapat menimbulkan kerapuhan.

Komposisi struktur tulang sumsum pada orang normal jauh lebih tinggi daripada struktur tulang sumsum orang yang terkena osteoporosis.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home