Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 15:21 WIB | Rabu, 17 Januari 2024

Obituari: Ulama Asal Indramayu, Buya Syakur, Meninggal Dunia

KH Syakur Yasin atau Buya Syakur. (Foto: Ist)

INDRAMAYU, SATUHARAPAN.COM-KH Syakur Yasin atau yang akrab dikenal Buya Syakur wafat pada hari Rabu (17/1) pukul 02:00 WIB dinihari tadi di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat.

Menurut sejumlah media, Buya Syakur wafat dalam usia 75 tahun. Pada 2 Februari mendatang, usianya genap 76 tahun. Ia lahir pada tahun 1948 di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sosok Buya Syakur dikenal sebagai salah satu ulama kharismatik asal Indramayu, Jawa Barat. Pengajiannya yang rutin diikuti oleh lintas kalangan di pesantren asuhannya, Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasemaya, Indramayu.

Pengajiannya juga diunggah di kanal Youtube dan mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan, meskipun ada juga kalangan yang mengritik kajiannya.

Pendidikan yang ditempuh Buya Syakur dimulai selama belasan tahun di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat. Setelah itu, ia dikirim untuk belajar di sejumlah negara di Timur Tengah, mulai dari Irak, Suriah, Libya, Tunisia, hingga Mesir.

Sebelum kembali ke Tanah Air, Buya Syakur juga sempat menempuh pendidikan di Oxford, Inggris menekuni bidang drama. Dia juga dikenal dekat dengan ulama lains eperti KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home