Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:05 WIB | Senin, 28 Oktober 2013

Ombudsman-KPK Gelar Gerakan Antimaladministrasi dan Antikorupsi

(Ilustrasi graphicreflections.org)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM - Ombudsman Republik Indonesia bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan pagelaran sastra integritas yang bertajuk "Anti Maladministrasi dan Anti Korupsi" di Pusat Studi Jepang UI, Depok. 

"Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini hendak memahamkan pemuda akan bahaya praktik maladministrasi dan korupsi melalui gelaran budaya," kata Ombudsman Bidang Pencegahan Hendra Nurtjahjo di Depok, Senin (28/10). 

Menurut dia pagelaran sastra integritas ini akan menampilkan deklamasi puisi oleh Adhie M Masardi dan Hendra Nurtjahjo serta dramatisasi puisi oleh Helvy Tiana Rosa dan Bengkel Sastra UNJ. Pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja, juga akan turut serta dalam pagelaran budaya merenungkan Hari Sumpah Pemuda ini.

Selain deklamasi puisi, acara ini juga mengagendakan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh BEM se-Jabodetabek sebagai pernyataan perang melawan maladministrasi dan korupsi. Pasca penandatanganan, acara ini kemudian ditutup dengan penampilan duo musisi, Endah n Rhesa.

"Perilaku maladministrasi dan korupsi kian marak terjadi, oleh karenanya, diperlukan pemahaman yang tidak hanya bersifat formal tetapi juga melalui pemahaman kultural terutama kepada pemuda selaku tulang punggung bangsa," papar Hendra.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat menumbuh-kembangkan kesadaran akan bahaya praktik maladministrasi dan korupsi bilamana perilaku itu terus terjadi. Setidaknya, menurut Hendra, ada pemahaman budaya dari pemuda agar terhindar dari praktik cela tersebut demi Indonesia yang sejahtera. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home