Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:56 WIB | Selasa, 28 Desember 2021

Omicron dan Tahun Baru: Pembatasan dan Kebingungan di Berbagai Negara

Pekerja menambahkan angka 2 pada angka di atas Times Square menjelang perayaan Malam Tahun Baru di Manhattan, New York City, AS, pada 26 Desember 2021. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Ketika varian COVID-19 Omicron semakin menyebar ke seluruh dunia menjelang perayaan Malam Tahun Baru, sejumlah pemerintah bergerak dengan kecepatan berbeda untuk menahan momok itu, dengan beberapa menerapkan kembali pembatasan.

Inggris Tidak Ada Pembatasan

Di Inggris, di mana varian virus corona yang sangat menular telah mengirim beban kasus melonjak ke rekor tertinggi, Menteri Kesehatan, Sajid Javid ,mengatakan pada hari Senin (27/12) tidak ada pembatasan yang akan diterapkan di Inggris sebelum tahun baru.

Infeksi harian baru di Inggris berkisar sekitar 100.000, dan penerimaan rumah sakit naik lebih dari 70% pada hari Natal dari sepekan sebelumnya.

“Ketika kita memasuki tahun baru, tentu saja, kita akan melihat apakah kita perlu mengambil tindakan lebih lanjut, tetapi tidak lebih sampai saat itu, setidaknya,” kata Javid.

Di tempat lain di Inggris, klub malam telah diperintahkan ditutup dan pembatasan pertemuan diberlakukan di Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales, membuat negara itu terpecah dalam pendekatannya terhadap krisis.

Belanda dan Belgia

Belanda, sementara itu, telah menutup semua toko, restoran, dan bar yang tidak penting dan memperpanjang liburan sekolah yang sebagian besar merupakan penguncian baru.

Di Belgia, langkah-langkah baru mulai berlaku pada hari Senin dan selama akhir pekan: Belanja dalam kelompok besar dilarang, dan bioskop serta gedung konser ditutup di tengah musim liburan.

Pembatasan di Prancis

Di Prancis, Perdana Menteri Jean Castex mengumumkan serangkaian pembatasan yang akan dimulai pekan depan, setelah Tahun Baru. Di antara pembatasan itu adalah acara besar akan dibatasi untuk 2.000 orang di dalam ruangan dan 5.000 di luar ruangan; makan dan minum akan dilarang di bioskop, di tempat olah raga dan di transportasi umum; dan bekerja dari rumah akan menjadi wajib setidaknya tiga hari sepekan bagi karyawan yang pekerjaannya memungkinkan.

Juga, akan devoting aturan di Prancis pada bulan depan untuk membuat izin vaksin yang akan memungkinkan hanya orang yang disuntik untuk memasuki tempat umum, termasuk restoran, bar, dan bioskop.

Langkah-langkah itu dilakukan setelah Prancis mencatat lebih dari 100.000 infeksi COVID-19 dalam satu hari untuk pertama kalinya dalam pandemi.

AS: Larangan Kerja Karyawan Tak Divaksin

Di Amerika Serikat, pemerintahan Joe Biden sangat menekankan pentingnya vaksinasi, booster, dan pengujian cepat, sementara mandat menyeluruh Kota New York yang mengharuskan hampir semua bisnis, besar dan kecil, untuk melarang karyawan yang tidak divaksinasi dari tempat kerja mulai berlaku Senin. Diumumkan tiga pekan lalu, segera setelah varian Omicron ditemukan di AS.

Pakar penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci, memperingatkan bahwa dengan Omicron, "ini akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," dan dia mengatakan pihak berwenang harus secara serius mempertimbangkan untuk mewajibkan penumpang maskapai penerbangan domestik divaksinasi.

“Ketika Anda menjadikan vaksinasi sebagai persyaratan, itu adalah insentif lain untuk membuat lebih banyak orang divaksinasi,” kata Fauci kepada MSNBC.

Omicron telah memaksa ribuan pembatalan dan penundaan penerbangan di seluruh dunia karena kekurangan staf terkait dengan virus, mengacaukan rencana liburan para pelancong. FlightAware, situs web pelacakan penerbangan, menghitung lebih dari 2.700 pembatalan di seluruh dunia pada Senin malam di Eropa sekitar 1.100 di antaranya di dalam atau di luar AS.

Terlepas dari kemampuan luar biasa varian untuk menginfeksi orang, indikasi awal adalah bahwa itu mungkin menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada versi sebelumnya. Ketidakpastian itu membuat pemerintah terus menebak-nebak dan menghasilkan berbagai strategi untuk mengalahkan lonjakan tersebut.

Pembatasan Tambahan di Yunani

Di Yunani, pihak berwenang mengumumkan pembatasan tambahan, juga efektif setelah Tahun Baru, setelah mencatat total infeksi baru satu hari tertinggi, hampir 9.300.

Menteri Kesehatan Thanos Plevris mengatakan bahwa mulai 3 Januari, perlindungan tinggi atau masker ganda akan diwajibkan di supermarket dan transportasi umum; tempat hiburan akan tutup pada tengah malam, dan kapasitas akan dipotong menjadi 10% di stadion sepak bola, di antara langkah-langkah lainnya.

Eropa Lainnya

Sementara itu, bagian lain Eropa juga ragu-ragu untuk memberlakukan lebih banyak pembatasan pada warganya.

Di Polandia, negara berpenduduk 38 juta di mana jumlah kematian harian sekarang sering mencapai 500, klub malam yang sekarang ditutup akan diizinkan untuk dibuka kembali pada Malam Tahun Baru, dengan pemerintah tidak mau melawan kehendak banyak pemilih yang menentang pembatasan dan kewajiban vaksinasi.

Meskipun jumlah kematian tertinggi dari COVID-19 di Eropa, Rusia mengisyaratkan perayaan tahun baru dengan sedikit, jika ada, pembatasan. Berbagai kewaspadaan akan dicabut selama masa liburan yang berlangsung selama 10 hari mulai malam tahun baru. Rusia juga tidak akan memberlakukan pembatasan perjalanan tambahan.

Badan statistik resmi Rosstat memperkirakan bahwa antara April 2020 dan Oktober 2021, Rusia memiliki 537.000 kematian terkait virus.

Di Belgia, langkah untuk menutup teater dan pusat seni mendapat kritik yang sangat keras. "Kami membutuhkannya juga untuk kesehatan mental kami. Ini satu-satunya cara untuk orang untuk menjalani pengalaman, untuk bercerita. Sangat penting bagi kami untuk terbuka di masa yang rumit dan kompleks ini,” kata Michael De Kok, direktur artistik Flemish Royal Theatre.

Beberapa bioskop tetap buka sebagai tindakan pembangkangan sipil.

Pokok utama perayaan liburan Inggris, pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris, juga terancam. Liga telah membatalkan 15 pertandingan selama 2 1/2 pekanterakhir, dan lebih banyak lagi yang bisa menyusul. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home