Loading...
BUDAYA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:17 WIB | Rabu, 23 November 2016

Ondel-Ondel Sambut Sandiaga di Pademangan Barat

Ondel-Ondel Sambut Sandiaga di Pademangan Barat
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno disambut ondel-ondel di Gang Ampera II, RT 4 RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara. (Fot-foto: Prasasta Widiadi)
Ondel-Ondel Sambut Sandiaga di Pademangan Barat
Ondel-ondel yang menyambut Sandiaga Uno di Gang Ampera II, RT 4 RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara.
Ondel-Ondel Sambut Sandiaga di Pademangan Barat
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno (kemeja putih) saat bersosialisasi dengan warga di Gang Ampera II, RT 4 RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Warga Gang Ampera II, RT 4, RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara, Rizal Firdaus, berinisiatif menyambut kedatangan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno, hari Selasa (22/11) dengan menghadirkan ondel-ondel.

Pilihan menghadirkan ondel-ondel tersebut murni spontanitas atas usulan beberapa warga Gang Ampera II yang tidak mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran pasangan Anies Rasyid Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tersebut.

“Kebetulan ada ondel-ondel, taruh di sini saja, ya, biar agak rame,” kata Rizal kepada warga setempat dan relawan Anies-Sandiaga di Gang Ampera II, RT 4 RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Sandiaga Uno yang menurut jadwal di Grup Whatsapp relawan Anies-Sandiaga “Jakarta Maju Bersama” melakukan kampanye dan sosialisasi pukul 16.15, ternyata baru tiba di Gang Ampera II pukul 17:00.

Sejumlah warga di Gang Ampera II kemudian memberi usulan kepada Rizal, yang juga menjadi tuan rumah dan tempat kampanye Sandiaga, agar menghadirkan ondel-ondel yang kebetulan lewat di sekitar Gang Ampera II, Jakarta Utara.

Ondel-ondel itu dibawakan bergantian oleh tiga pemuda. Satu anak muda yang membawa ondel-ondel menari dengan gerakan berputar, tangan kanan dan kiri memegang bagian perut ondel-ondel, dan sesekali ondel-ondel tersebut menakut-nakuti anak-anak usia bawah lima tahun (balita) yang kebetulan sedang makan disuapi orangtuanya.

Dua remaja lain mengerjakan tugas berbeda, bertanggung jawab memutar musik di gerobak dorong, serta bertugas untuk memungut uang dari warga yang menonton ondel-ondel tersebut.

“Biasanya ada rebana sama qasidahan. Kita jadi malu sama Bang Sandi,” kata Rizal kepada satuharapan.com sambil berkelakar.

Saat Sandiaga Uno tiba di tempat tersebut, ia seperti biasa menyalami dan diajak berfoto dengan warga setempat. Namun, sebelum duduk di halaman rumah Rizal, Sandiaga berdiri berhadap-hadapan dengan ondel-ondel tersebut dan menari layaknya orang yang mengendalikan ondel-ondel, dengan dua tangan mengapit ke perut dan bergerak berputar-putar miring. Tingkah Sandiaga itu sontak memicu gelak tawa banyak perempuan dan anak-anak yang menyaksikan. 

Sandiaga Uno kemudian berjalan ke titik kampanye dan menyapa sejumlah warga Gang Ampera II, RT 4 RW 9 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara yang sudah menunggu sejak lama.

Ia mengambil tempat duduk bersebelahan dengan perempuan berusia hampir 100 tahun, Atun.

“Warga sekalian, sekarang saya dengan ibu Atun, sesepuh masyarakat Ampera yang katanya usianya hampir 97 tahun,” kata Sandiaga.

Dia mengajak warga Gang Ampera mendoakan Atun agar sehat walafiat. “Kita bisa belajar dari Ibu Atun, karena kalau 97 tahun berarti ibu lahir sebelum kemerdekaan, tahun 1920an, dan kita belajar sejarah dari Ibu Atun,” kata dia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home