Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:04 WIB | Rabu, 16 November 2016

Anies Janji Promosikan Budaya Betawi

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kiri) keluar dari gedung KPK usai menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara sebagai bagian dari kewajiban pejabat publik jika keduanya terpilih sebagai pejabat penyelenggara negara pada Pilkada mendatang. (Foto: Dok.satuharapan.com/ Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan berjanji akan mempromosikan budaya Betawi.

"Kita ingin ciri khas kebudayaan Betawi mendapat tempat di Jakarta," kata Anies, di Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (15/11).

Saat berkampanye, Anies untuk pertama kalinya berkampanye ditemani istrinya, Fery Farhati Ganis menggunakan delman. Anies dan istri naik delman dari Jalan Menteng Wadas Utara Dalam ke Jalan Menteng Atas Dalam.

Calon gubernur nomor urut tiga itu mengatakan bahwa banyak kota besar di dunia masih berusaha mencari tradisi dan ciri khas wilayahnya.

Sementara Jakarta, menurut dia, sudah memiliki berbagai warisan tradisi, salah satunya delman, yang harus dilestarikan sebagai bagian dari budaya Betawi.

“Memang delman berkaitan dengan komponen keselamatan, kenyamanan, dan kebersihan. Tetapi itu semua bisa ditangani bila ada kemauan untuk memberi ruang bagi ekspresi budaya,” kata Anies.

Anies, yang mengaku sering naik delman saat berkunjung tempat kelahirannya di Kuningan, Jawa Barat, senang bisa kembali berbagi pengalaman tersebut dengan istrinya di Jakarta. "Tadi di jalan saya bilang sama Fery, ini rasanya seperti lagi naik delman di Kuningan, kalau di Jakarta jarang," kata dia. (antaranews.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home