Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:47 WIB | Rabu, 27 Januari 2016

OPEC Siap Pangkas Produksi Minyak

Kantor pusat OPEC di Wina Austria. (Foto: sputnik.com)

KUWAIT, SATUHARAPAN.COM - Gubernur OPEC, yang berasal dari Kuwait, Nawal Al Fauzia, hari Selasa (26/1) mengisyaratkan bahwa Organisasi Negara-negara Kerjasama Minyak (OPEC) siap memangkas produksi guna membendung terus merosotnya harga minyak dunia.

Dalam sebuah forum energi di Kuwait, Gubernur itu mengatakan OPEC siap bekerjasama dengan produser minyak di luar kelompok itu.

"Produser-produser non-OPEC kerap membuat pernyataan bahwa mereka siap bekerjasama, tetapi kenyataannya tidak," ujar Al Fauzia sebagaimana dikutip Dow Jones Newswires.

Ia juga mengatakan harga minyak tampaknya tidak akan naik lagi seperti harga pada tahun 2014 yang mencapai lebih dari 100 dolar per barel. Harga diperkirakan akan tetap berada di antara 40–60 dolar per barel hingga tahun 2020 mendatang.

Pernyataan Al Fauzia ini disampaikan ketika harga minyak mentah jenis CLH6 naik 5,11 persen, sementara harga minyak mentah jenis Brent naik 5,64 persen, tapi tetap berada di bawah 30 dolar per barel. Harga ini mengirim pesan ketidakpastian ke pasar-pasar keuangan dunia. Namun harga-harga tersebut merangkak naik pada perdagangan Selasa siang. (voa)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home