Loading...
BUDAYA
Penulis: Tunggul Tauladan 03:58 WIB | Kamis, 23 Juli 2015

Open House Gubernur DIY Dihadiri Ribuan Orang

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan didampingi oleh GKR Hemas menerima para tamu dalam open house yang dihelat di Bangsal Kepatihan, Rabu (22/7). (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paku Alam IX menggelar open house di Bangsal Kepatihan pada Rabu (22/7). Acara open house ini dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai lapisan, mulai dari anggota dewan, kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pegawai Negeri Sipil (PNS), hingga masyarakat umum.

Sri Sultan HB X yang hadir dengan didampingi oleh sang istri, GKR Hemas tampak berseri menerima jabatan tangan dari para tamu yang hadir. Tampak hadir dalam open house tersebut, antara lain Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY Arif Noor Hartanto, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) DIY Brigjen Pol. Erwin Triwanto, serta Komandan Korem (Danrem) 072/ Pamungkas Brigjen TNI Stefanus Tri Mulyono.

Menurut Arif Noor Hartanto, open house yang digelar tersebut dimaknai sebagai kerendahan hati seorang pemimpin, dalam hal ini Gubernur DIY. Selain itu, open house juga dimaknai sebagai simbolisasi bersatunya antara rakyat dan pemimpin.

“Jadi open house ini bukan dimaknai sebagai rakyat yang bertemu dengan pejabat, namun kerendahan hati seorang gubernur sebagai pemimpin yang menyatu dengan rakyat,” ungkap Arif Noor Hartanto.

Dalam acara open house ini, pihak penyelenggara telah menyiapkan sejumlah menu makanan. Menurut Kepala Bagian Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemerintah DIY, Iswanto, menu makanan yang disediakan sejumlah 4.000 porsi.

“Kami menyediakan 4.000 porsi menu makanan. Jumlah tersebut sudah kami sesuaikan dengan perkiraan tamu yang akan datang,” ujar Iswanto.

Menurut pantauan, menu makanan yang disajikan didominasi oleh makanan tradisional, seperti nasi liwet, aneka jenang, soto, dan bakso. Menu makanan yang disajikan untuk masyarakat umum dapat dinikmati di sisi sebelah timur dari Bangsal Kepatihan. Sedangkan makanan untuk tamu VIP disajikan di sebelah utara dari Bangsal Kepatihan.

“Semua makanan tradisional disajikan untuk semua tamu, baik umum maupun VIP. Hanya saja tempatnya yang beda,” tambah Iswanto.

Acara open house kali ini mirip dengan perhelatan serupa yang rutin diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini selesai sekitar pukul 11.30 WIB. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home