Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:35 WIB | Jumat, 12 Mei 2023

Oposisi Turki Tuduh Rusia Terlibat Rilis Konten Palsu Menjelang Pemilu

Kemal Kilicdaroglu, pemipin partai CHP, calon presiden Turki penentang Erdogan. (Foto: dok. Ist)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Kemal Kilicdaroglu, penantang utama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan pada hari Jumat (12/5) bahwa partainya memiliki bukti nyata tanggung jawab Rusia atas perilisan konten online “palsu” menjelang pemilihan presiden hari Minggu (14/5).

Ditanya mengapa dia men-tweet pada hari Kamis bahwa Rusia bertanggung jawab, dia mengatakan kepada Reuters: "Jika kami tidak memilikinya (bukti nyata), saya tidak akan men-tweet." Partai tersebut tidak menghubungi kedutaan Rusia di Turki terkait masalah tersebut, tambahnya.

“Kami merasa tidak dapat diterima jika negara lain ikut campur dalam proses pemilu Turki untuk mendukung partai politik. Saya ingin seluruh dunia menyadari hal ini, itulah mengapa saya membuat panggilan ini secara terbuka melalui tweet,” katanya dalam sebuah wawancara.

Komentar Kilicdaroglu dibuat menjelang pernyataan Kremlin yang membantah campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Turki, dengan mengatakan tuduhan itu salah dan dibuat oleh para pembohong.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan orang-orang yang menyampaikan tuduhan semacam itu kepada Kilicdaroglu adalah pembohong dan bahwa Rusia sangat menghargai hubungannya dengan Turki.

Di kantornya di Ankara, Kilicdaroglu, yang memimpin dibandingkan Erdogan dalam sebagian besar jajak pendapat, menekankan bahwa Turki memiliki hubungan ekonomi yang erat dengan Rusia dan mengisyaratkan bahwa dia akan mengejar keseimbangan yang baik dalam kebijakan luar negeri atas hubungan dengan Moskow.

"Kami ingin menjaga hubungan kami, kami tidak ingin merusak hubungan persahabatan kami, tetapi kami tidak akan membiarkan campur tangan dalam masalah internal kami," katanya. Kilicdaroglu juga mengatakan dia akan mendorong prakarsa perdamaian lain antara Rusia dan Ukraina begitu dia memenangkan pemungutan suara hari Minggu.

“Sangat penting bagi kami, dan bagi seluruh dunia, jika kami berhasil mencapai kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina. Tetapi kita harus memperjelas bahwa kita tidak merasa benar bagi negara mana pun untuk menduduki negara lain,” katanya.

Ketika ditanya apakah dia akan mendukung perluasan NATO jika dia terpilih sebagai presiden, dia menjawab: “Tentu saja,” tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“NATO bukan hanya organisasi militer di abad ke-21, tetapi juga organisasi yang membela demokrasi. Kami akan mempertahankan hubungan kami dengan NATO dalam kerangka yang sama seperti yang kami lakukan di masa lalu,” tambah Kilicdaroglu.

Kilicdaroglu mengatakan masalah mendasar kebijakan luar negeri Turki dalam masa jabatan Partai AK (AKP) Erdogan adalah pengecualian kementerian luar negeri dalam proses pembuatan kebijakan.

“Kami akan mengejar kebijakan luar negeri yang berorientasi perdamaian yang memprioritaskan kepentingan nasional Turki. Prioritas kami untuk kepentingan nasional kami dan untuk bertindak sejalan dengan dunia modern,” tambah Kilicdaroglu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home