Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:36 WIB | Jumat, 12 Mei 2023

Moskow Bantah Pasukan Ukraina Merebut Kembali Beberapa Wilayah di Bakhmut

Prajurit Ukraina dari kelompok taktis Adam mengendarai tank T-64 dari garis depan dekat kota Bakhmut, wilayah Donetsk, pada 7 Mei 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: dok.AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia pada hari Kamis (11/5) malam membantah klaim para blogger pro Moskow dan kepala kelompok tentara bayaran Wagner bahwa pasukan Ukraina telah membuat terobosan di kota Bakhmut yang menjadi pusat pertempuran.

Seorang pejabat militer senior Ukraina mengatakan awal pekan ini bahwa pasukan Rusia telah mundur dari beberapa daerah dekat Bakhmut setelah serangan balik terbatas oleh pasukan Kiev di sekitar kota timur.

Kepala tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, yang pasukannya berada di garis depan pertempuran di Bakhmut, telah mengakui selama tiga hari bahwa beberapa unit Ukraina berhasil menerobos di beberapa daerah.

"Deklarasi individu di Telegram tentang 'terobosan' di beberapa titik di garis depan tidak sesuai dengan kenyataan," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Bakhmut, yang pernah berpenduduk sekitar 70.000 orang, telah dihancurkan karena pasukan Rusia membuat keuntungan tambahan selama beberapa bulan terakhir, berjumlah sekitar 80 persen dari kota.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah memukul mundur beberapa serangan Ukraina sepanjang hari, menambahkan bahwa pertempuran yang sedang berlangsung pada Kamis malam terjadi di dekat Malynivka di wilayah Donetsk timur dan melibatkan kekuatan udara dan artileri.

Namun Itu tidak mengomentari laporan tentang dugaan penarikan pasukan Rusia di dekat Bakhmut tetapi mengatakan pasukannya "terus membebaskan bagian barat" kota itu. “Situasi umum di zona operasi militer khusus terkendali,” tambahnya.

Presiden: Ukraina Perlu Waktu untuk Serangan Balasan

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Kamis mengatakan perlu lebih banyak waktu sebelum memulai serangan balasan yang sangat diantisipasi terhadap pasukan Rusia.

"Secara mental kami sudah siap..." kata Zelenskyy kepada BBC, hari Kamis. “Kalau perlengkapan, belum semuanya datang. Dengan (apa yang kami miliki) kami bisa maju dan sukses. Tapi kami akan kehilangan banyak orang. Saya pikir itu tidak bisa diterima. Jadi kita perlu menunggu. Kami masih membutuhkan sedikit lebih banyak waktu,” katanya seperti dikutip.

Pasukan Ukraina telah melatih kontingen pasukan baru dan menimbun amunisi dan perangkat keras yang dipasok Barat yang menurut para analis akan menjadi kunci untuk merebut kembali wilayah yang direbut oleh Rusia.

Waktu upaya Kiev untuk mundur di wilayah Donetsk dan Lugansk timur, serta wilayah Kherson dan Zaporizhzhia, masih menjadi pertanyaan.

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksiy Reznikov, mengatakan akhir bulan lalu bahwa persiapan Kiev "akan segera berakhir" dan pasukannya siap "secara global".

Tetapi dia juga mengatakan bahwa tank Abrams yang dijanjikan oleh AS tidak akan dapat ikut serta dalam ofensif, karena mereka tidak akan tiba di Ukraina hingga akhir tahun ini.

Kepala tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, sementara itu menuduh Zelenskyy "tidak jujur" dalam wawancara BBC-nya dengan mengatakan bahwa serangan balasan Ukraina "sedang berjalan lancar."

Seorang pejabat militer senior Ukraina mengatakan awal pekan ini bahwa pasukan Rusia telah mundur dari beberapa daerah dekat Bakhmut setelah serangan balik terbatas oleh pasukan Kiev di sekitar kota timur.

Prigozhin, yang pasukannya berada di garis depan pertempuran Bakhmut, mengakui bahwa beberapa unit Ukraina berhasil menerobos di beberapa daerah. “Rencana tentara Ukraina sedang beraksi… Semua unit yang telah dilatih, yang telah menerima senjata, tank, dan semua yang mereka butuhkan sudah terlibat penuh,” katanya.

Prigozhin terlibat dalam perselisihan berkepanjangan dengan para pemimpin militer Rusia mengenai pasokan amunisi untuk para pejuangnya dan dia mengancam akan menarik mereka keluar dari Bakhmut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home