Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 12:58 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Pameran Artventure: Perupa Memvisualkan Dinamika Jakarta

Pameran Artventure: Perupa Memvisualkan Dinamika Jakarta
Potret karya Afrizal. (Foto-foto Ignatius Dwiana)
Pameran Artventure: Perupa Memvisualkan Dinamika Jakarta
Perahu Borobudur karya Haris Suhendar.
Pameran Artventure: Perupa Memvisualkan Dinamika Jakarta
Di Batas Waktu karya Rizal MS.
Pameran Artventure: Perupa Memvisualkan Dinamika Jakarta

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kelompok perupa manual, Artventure, menggelar pameran tentang dinamika Jakarta. Pameran yang digelar di Galeri Cipta 2, Taman Ismail Marzuki, 20-29 Agustus ini membebaskan pesertanya berkreasi tanpa dibatasi gaya tertentu.

Artventure merupakan komunitas perupa yang menggunakan kuas secara manual ingin membagikan berita yang terwujud dalam tata warna, bentuk, ide, ekspresi, gagasan yang kaya dengan keragaman. Ciri khas keragaman menjadikan Artventure sebagai sebuah kesatuan yang utuh tanpa mengindahkan batasan atau patokan gaya tertentu. Keterangan ini disampaikan Koordinator Artventure Ariana Restu Handari. Pameran Artventure kali keempat ini bertema “Ada Apa Jakarta”.

Tema “Ada Apa Jakarta” suatu ungkapan pendek, tetapi penjabarannya bisa beragam. Pengamat dan Penggiat Seni Rupa Rip V Dinar mengatakan, “Bisa Jakarta tidak ada apa-apa, atau Jakarta banyak persoalan. Bahkan, persoalannya tidak pernah selesai. Melesatnya pembangunan dan kemajuan teknologi ikut mempengaruhi setiap perubahan dan pergeseran pola hidup, pola pikir, dan pola sikap warganya. Hal ini menjadikan Jakarta semakin sarat dengan peristiwa yang datang silih berganti tanpa ada penyelesaian. Sementara, setiap individu sibuk dengan persoalan sendiri dan bersikap apatis.”

Seniman pelukis sebagai bagian dari warga Jakarta–dengan masing-masing sudut pandang–melihat, mensiasati perubahan, dan pergeseran nilai-nilai yang sudah mapan. Ada yang berusaha masuk untuk merasakan dan meresapinya sebelum memvisualkan ke atas kanvas atau pun pahatan.

Pameran Artventure ini berlangsung dari Selasa, 20 Agustus – Kamis, 29 Agustus 2012. Peserta pameran 30 orang. Pembukaan pameran dilakukan Sendy Dede Yusuf, istri mantan wakil Gubernur Jawa Barat.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home