Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 21:39 WIB | Rabu, 31 Juli 2013

Seniman Muda Saudi Melahirkan Kreativitas Sosial

Karya Khalid Zahid. (Foto Saudi Gazette)

SAUDI ARABIA, SATUHARAPAN.COM – Khalid Zahid adalah seniman muda Saudi dengan kepribadian inspiratif yang bertujuan dunia tentang seni dan membantu merangkul kemegahan. Seninya ditujukan untuk menciptakan sebuah jembatan antara kreativitas dan jiwa manusia. Demikian dilansir dari situs al Arabiya dan Saudi Gazette.

"Aku menggunakan gambar kartun sejak aku masih kecil di sekolah dan itu selalu memicu diriku tumbuh apa adanya. Aku benar-benar masuk ke dalamnya tiga tahun lalu," kata Khalid Zahid.

Karya Khalid Zahid telah dipamerkan sekitar Teluk, galeri Athr di Jeddah, galeri seni LAM di Riyadh, galeri Desert Design di Khobar dan pameran perdamaian di Kuwait. "Pencapaian terbesar saya adalah orang memperhatikan aku berkesenian ketika mereka menyaksikannya di sebuah galeri atau di mana saja."

Mengacu pada perjalanannya dan status kemajuan baru-baru ini dalam seni di Kerajaan Saudi, Khalid Zahid berkata: "Ini tidak mudah karena seni secara umum dilihat di Kerajaan tidak populer tetapi beberapa galeri memberikan seniman muda Saudi kesempatan untuk menunjukkan bakat mereka, dan mengadakan pameran khusus untuk seniman yang pemula atau pendatang.”

Khalid Zahid mengatakan inisiatif lokal juga mendukung seniman.

Seniman otodidak dari keluarga pebisnis tidak pernah mendapat kesempatan belajar seni. "Sebagian besar karya seni saya dilakukan komputer."

Khalid Zahid belajar di Los Angeles dan telah menjadi bagian dari bisnis keluarga selama delapan tahun terakhir. "Saya bekerja dalam Budget Rent A Car, bisnis keluarga kami, sejak aku lulus dari universitas dan bekerja sebagai COO perusahaan saat ini."

Dia mengatakan tujuannya adalah membuat masyarakat Saudi menjadi lebih sadar seni sebagai genre. "Buatlah mereka mengerti bahwa seni bukan hanya gambar cantik tetapi ada cerita di balik setiap potongan dan detail kecil. Apa yang saya lakukan sekarang di sebagian besar karya seni saya adalah berbicara tentang siapa kita, apa yang kita wakili, masyarakat Saudi secara keseluruhan, positif dan negatif yang kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari, perubahan yang terjadi di masyarakat kita dan negara, generasi baru dan mendatang.

"Apa yang saya coba lakukan adalah menghubungkan hidup kita sehari-hari dengan seni dan membuat beberapa jenis hubungan sehingga ketika orang melihatnya bisa mengaitkannya dengan dirinya sendiri dengan keluarganya atas apa yang terjadi di masyarakat. Dengan cara ini dia akan merangkul dan memahami potongan lebih dan menjadi tertarik pada seni itu sendiri lagi. "

Berbicara tentang inspirasi, Khalid Zahid berkata: "Keluarga saya, teman-teman, pemilik galeri yang mendukung saya dan memberi saya kepercayaan diri dan menunjukkan jalan yang benar." Khalid Zahid membahas pentingnya media sosial untuk seniman hari ini dan mengatakan media sosial adalah besar membantu karena memungkinkan Anda menjangkau orang-orang dari seluruh dunia.

"Kamu tidak hanya menargetkan pecinta seni di galeri, yang merupakan ceruk kecil terutama dalam komunitas Arab."

Khalid Zahid berkeinginan membuka galeri sendiri pada akhirnya. "Dan mengubah galeri menjadi tempat sosial orang dapat datang dan menikmati pelbagai jenis seni sehingga dapat berhubungan dengannya dan menyebutnya sebagai bagian dari mereka."

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home