Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 13:12 WIB | Sabtu, 10 Mei 2014

PAN dan PDIP Rebut Kursi Demokrat di Kab Bogor

Hasil rekapitulasi. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Empat dari sembilan anggota DPR RI Periode 2014-2019 daerah pemilihan Jawa Barat V—meliputi Kabupaten Bogor—adalah wajah baru. Empat petahana dan satu pindahan dari dapil lain. PAN meraih satu kursi, PDIP menambah satu kursi. Perkiraan itu didapat dari rekapitulasi suara oleh KPU dan disahkan pada Jumat (9/5).

Mereka adalah Airlangga Hartarto dari Partai Golkar meraih suara tertinggi dari hasil coblosan pemilu legislatif pada 9 April lalu. Ia meraih 113.939 suara. Selain Airlangga, caleg Golkar dari Jabar V yang bakal melenggang ke Senayan adalah Ichsan Firdaus dengan 27.986 suara,

Selanjutnya ada nama Fadli Zon dari Gerindra dengan 79.074 suara. PDIP berhasil mengantarkan dua calegnya, yakni  Adian Yunus Yusak Napitupulu dengan 35.589 suara dan Indra P Simatupang dengan 35.139.

PAN juga mendapat satu kursi dari Jabar V sehingga mengantarkan calegnya, Primus Yustisio. Karena meraih 45.485 suara, mantan bintang sinetron itu dipastikan kembali menjadi anggota DPR untuk periode 2014-2019. Pada periode 2009-2014 ia mewakili dapil Jabar IX.

PPP juga mendapat satu kursi. PPP mengutus Achmad Farial yang meraih 50.686 suara. Partai Demokrat hanya bisa mengantarkan satu calegnya, Anton Sukartono Suratto ke DPR RI. Anton yang saat ini masih anggota DPR RI meraup 23.554 suara. Pada periode lalu, Demokrat meraih tiga kursi dari dapil ini.

Kursi terakhir di Jabar V menjadi milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS). TB Soenmandjaja meraih 17.196 suara.

Profil Singkat

Menurut wikipedia.org, Airlangga Hartarto adalah Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014. Ia tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar periode 2009-2015. Anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V ini menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, Investasi, dan BUMN.

Ichsan Firdaus adalah mantan Ketua PB HMI Jakarta. Pekerjaan terakhir adalah staff ahli anggota DPR. Fadli Zon adalah wakil ketua umum Gerindra. Fadli juga seorang pengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Adian Yunus Yusak Napitupulu dikenal sebagai aktivis Forkot. Forum Kota atau Forum Komunitas Mahasiswa Se-Jabotabek atau Forkot adalah salah satu organ gerakan mahasiswa Indonesia 1998.

Didirikan pada 7 Maret 1998, awalnya Forkot beranggota 16 kampus: beberapa di antaranya UKI (Universitas Kristen Indonesia), IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta), IAIN Syarif Hidayatullah, UNAS (Universitas Nasional), ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional), Atmajaya, Institut Teknologi Indonesia, dan Universitas Jayabaya. Forum Kota bersama FKSMJ tercatat oleh sejarah sebagai organ gerakan mahasiswa pertama yang memasuki Gedung DPR/MPR pada 18 Mei 1998.

Indra P Simatupang adalah koordinator Keluarga Besar Alumni Universitas Trisakti. Ia adalah pengusaha bidang pertambangan batu bara dan nikel. Ia juga mempunyai perkebunan sawit. Antara pernah memberitakan pada awal April lalu beredar voucher pulsa bergambar Indra di wilayah Bogor.

Primus Yustisio yang berdarah Iran ini mengawali kariernya di dunia sinetron sejak tahun 1997. Tapi sinetron yang melejitkan namanya adalah sinetron Cinta bersama Desy Ratnasari. Pada 2008 ia secara mengejutkan menyatakan untuk turut serta dalam pemilihan Bupati Subang periode 2008-2013, sebagai kandidat bupati (berpasangan dengan Agus Nurani) dari kalangan independen. Ia kalah. Ia sekarang duduk di Komisi VI DPR.

Achmad Farial salah seorang anggota DPR RI periode 2009-2014 dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kini ia sebagai Wakil Ketua Komisi VII yang salah satunya menangani energi.

Anton Sukartono Suratto kini adalah anggota Komisi X DPR yang meliputi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, perpustakaan.

TB Soenmandjaja menjadi anggota DPR dari PKS sudah sejak 1999. Kalau itu, partai masih bernama Partai Keadilan. Ia kini duduk di Komisi II DPR. Konon, ia dikenal sebagai anggota DPR yang lebih sering menggunakan kendaraan umum kala bekerja.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home