Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 11:33 WIB | Sabtu, 10 Mei 2014

Legislator Pesimistis Wajah DPR 2014-2019 Lebih Baik

Rekapitulasi Nasional (Sumber: KPU)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua DPR RI Muhammad Sohibul Iman berharap wajah DPR RI periode 2014-2019 akan lebih baik atau minimal sama dengan wajah DPR RI periode 2009-2014. Namun, mencermati proses pelaksanaan pemilu legislatif 2014 yang hasil perolehan suaranya diumumkan oleh KPU pada Jumat (9/5) malam kemarin cukup merisaukan.

“Saya belum tahu semuanya siapa saja caleg yang terpilih menjadi anggota DPR RI. Namun, dari cerita-cerita yang muncul saya memperkirakan banyak caleg terpilih yang wawasan dan kinerjanya pas-pasan,” kata Muhammad Sohibul Iman pada kegiatan press gathering wartawan koordinatoriat DPR RI, di Denpasar, Bali, Jumat malam.

Menurut Sohibul, hasil kerja maupun kinerja perorangan anggota DPR RI periode 2009-2014 banyak menuai kritik dari publik sehingga agak menurunkan citra lembaga DPR RI di mata masyarakat.

“Banyak caleg yang mengeluhkan soal maraknya praktik politik uang serta transaksi jual-beli dan pengalihan suara yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara pemilu di level bawah. Ini sungguh merisaukan,” katanya.

Anggota Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyatakan, DPP PKS banyak menerima laporan dari caleg-calegnya di daerah soal banyaknya praktik kecurangan yang terjadi.

Sohibul Iman sendiri menyatakan pernah dihubungi oleh oknum penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan yang mengisyaratkan untuk melakukan praktik politik uang.

“Saya yang segera menangkap isyarat itu segera menolaknya. Saya mengatakan terima kasih, saya harapkan banyak kader PKS yang akan menjaga suara calegnya,” katanya.

Iman menambahkan, dengan banyaknya keluhan soal praktik kecurangan, ia memprediksi banyak caleg terpilih yang kemampuannya pas-pasan.

Jika hal tersebut yang terjadi, menurut Iman, tantangan lembaga DPR RI untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki citranya akan makin berat.

Sohibul Iman adalah caleg PKS untuk DPR RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta III yang terpilih kembali.  (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home