Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:29 WIB | Jumat, 10 Januari 2014

Panda: Megawati Tidak akan Tampil Capres Lagi

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dalam acara HUT PDIP yang ke 41. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mantan Ketua DPP PDI Perjuangan Panda Nababan mengatakan bahwa Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak akan tampil sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2014, dan akan menunjuk tokoh muda yang dinilai layak untuk menjadi pemimpin nasional mendatang.

"Saya pernah berbicara dengan Ibu Ketua Umum menjelang kongres PDI Perjuangan di Bali pada 2010. Saat itu, Ibu Megawati mengatakan, dirinya tidak akan maju lagi sebagai calon presiden," kata Panda Nababan pada peringatan 41 tahun PDI Perjuangan di halaman parkir kantor DPP PDI Perjuangan, Jumat (10/1) di Jakarta.

Panda Nababan mengungkapkan, pada pembicaraan menjelang kongres tersebut, Megawati mengatakan dirinya sudah tiga kali gagal menjadi calon presiden. Ia mengemukakan, dalam politik tidak ada dan sah-sah saja untuk maju lagi sebagai calon presiden, karena tidak ada larangan. "Namun, Bu Mega menegaskan pada 2014 usianya sudah 67 tahun. Karena itu, dia akan memberikan kesempatan kepada tokoh muda untuk tampil," ungkap politis yang pernah menjabat sebagai Anggota Komisi III DPR RI itu.

Persoalannya, kata dia, Megawati masih mempertimbangkan tokoh muda siapa yang layak dan memenuhi kriteria untuk menjadi calon pemimpin nasional. Panda menilai, Megawati adalah politisi senior yang memiliki naluri politik yang tinggi dan dia tahu siapa yang layak diusung sebagai calon presiden dan kapan waktu yang tepat mengumumkan calon presiden.

Calon Belum Diputuskan

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, PDI Perjuangan belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2014. 

"Belum ada kepastian, siapa yang akan diusung sebagai capres. Belum ada kepastian juga, apakah Ibu Megawati akan maju atau tidak," kata Hasto Kristiyanto di lokasi yang sama.

Menurut Hasto, pada rapat kerja nasional (rakernas) di Jakarta pada September 2013, Megawati sudah menegaskan, bahwa pada 2014 hingga 2019, adalah periode transisi dan persoalan bangsa yang harus dihadapi pemerintah pada periode tersebut tidaklah ringan.

Konsentrasi Pemilu Legislatif

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo menyatakan, PDI Perjuangan saat ini masih berkonsentrasi menghadapi pemilu legislatif pada April 2014.

Menurut Tjahjo Kumolo, DPP PDI Perjuangan terus melakukan konsolidasi kader untuk merapatkan barisan dan menghidupkan mesin partai guna meraih suara optimal pada pemilu legislatif. "PDI Perjuangan menargetkan perolehan suara 23-27 persen. Kita harapkan bisa tercapai," kata dia.

Tjahjo Kumolo menegaskan, untuk mewujudkan target tersebut, maka kader harus solid dan bekerja keras bersama-sama. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home