Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 00:35 WIB | Minggu, 08 Januari 2023

Pangeran Harry Sebut Dia Bunuh 25 Taliban Selama Tugas Militer di Afghanistan

Itu disebutkan dalam buku memoarnya “Spare” yang akan terbit pekan depan.
Pangeran Harry Sebut Dia Bunuh 25 Taliban Selama Tugas Militer di Afghanistan
Pangera Harry dari Inggris. (Foto: dok. AP)
Pangeran Harry Sebut Dia Bunuh 25 Taliban Selama Tugas Militer di Afghanistan
Pangeran Harry dari Inggris berpatroli melalui kota sepi Garmisir 2 Januari 2008, dekat FOB (pangkalan operasi depan) Delhi, tempat dia ditempatkan di Provinsi Helmand Afghanistan Selatan. Pangeran Harry menuduh dalam sebuah memoar baru yang sangat dinantikan bahwa saudara laki-lakinya Pangeran William mengecam dan secara fisik menyerangnya selama pertengkaran sengit atas hubungan saudara-saudara yang memburuk. Buku "Spare" juga memuat pengungkapan yang menghasut tentang pengambilan obat oleh bangsawan yang terasing, hubungan seksual pertama dan peran dalam pembunuhan orang selama dinas militernya di Afghanistan. (Foto: dok. John Stillwell/pool via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Dalam sebuah buku yang penuh dengan pengungkapan yang mengejutkan, pernyataan Pangeran Harry dari Inggris menyebutkan bahwa dia membunuh 25 orang di Afghanistan. Ini adalah salah satu yang paling mencolok, dan menuai kritik baik dari musuh maupun sekutu.

Dalam memoarnya, "Spare," Harry mengatakan dia membunuh lebih dari dua lusin militan Taliban saat bertugas sebagai ko-pilot helikopter Apache di Afghanistan pada kurun 2012-2013. Dia menulis bahwa dia tidak merasa puas atau malu atas tindakannya, dan di tengah panasnya pertempuran menganggap pejuang musuh sebagai bidak yang dikeluarkan dari papan catur, "Baddies dihilangkan sebelum mereka bisa membunuh Goodies."

Harry telah berbicara sebelumnya tentang pengalaman tempurnya, mengatakan menjelang akhir turnya pada tahun 2013 bahwa "jika ada orang yang mencoba melakukan hal buruk kepada orang-orang kita, maka kita akan mengeluarkan mereka dari permainan."

Tetapi keputusannya untuk member tahu angka pada orang-orang yang dia bunuh, dan membandingkannya dengan bidak catur, menimbulkan kemarahan dari kalangan Taliban, dan keprihatinan dari para veteran Inggris.

"Tn. Menyerobot! Yang kamu bunuh bukanlah bidak catur, mereka adalah manusia; mereka memiliki keluarga yang sedang menunggu kepulangan mereka,” tulis anggota terkemuka Taliban, Anas Haqqani, pada hari Jumat di Twitter.

Taliban, yang menganut interpretasi Islam yang ketat, kembali berkuasa ketika pasukan Barat mundur dari Afghanistan pada tahun 2021. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan. Abdul Qahar Balkhi, mengatakan komentar Harry “adalah mikrokosmos dari trauma yang dialami warga Afghanistan di tangan pasukan pendudukan, yang membunuh orang tak berdosa tanpa pertanggungjawaban apa pun.”

Di Inggris, beberapa veteran dan pemimpin militer mengatakan menerbitkan angka kepala melanggar kode militer yang tidak terucapkan.

Kolonel Tim Collins, yang memimpin batalion Inggris selama perang Irak, mengatakan kepada Forces News bahwa pernyataan itu “bukan bagaimana Anda berperilaku di Angkatan Darat; itu bukan seperti yang kita pikirkan. Pensiunan Perwira Angkatan Laut Kerajaan, Laksamana Muda Chris Parry, menyebut klaim itu “tidak menyenangkan.”

Beberapa orang mempertanyakan apakah Harry dapat memastikan jumlah korbannya, tetapi Harry mengatakan dia meninjau video misinya, dan "di era Apache dan laptop", teknologi memberi tahu dia dengan tepat berapa banyak pejuang musuh yang telah dia bunuh.

Yang lain mengatakan kata-kata Harry dapat meningkatkan risiko keamanan baginya dan pasukan Inggris di seluruh dunia. "Saya pikir tidak bijaksana dia mengatakan itu dengan lantang," kata veteran Marinir Kerajaan, Ben McBean, yang mengenal Harry sejak masa militer mereka, kepada Sky News. "Dia sudah punya target di punggungnya, lebih dari orang lain."

Pensiunan Kolonel Angkatan Darat, Richard Kemp, mengatakan kepada BBC bahwa klaim itu adalah "kesalahan penilaian" yang akan "berpotensi berharga bagi orang-orang yang menginginkan pasukan Inggris dan pemerintah Inggris terluka."

Harry kehilangan perlindungan polisi Inggris yang didanai publik ketika dia dan istrinya Meghan berhenti dari tugas kerajaan pada tahun 2020. Harry menuntut pemerintah Inggris atas penolakannya untuk membiarkan dia membayar secara pribadi untuk keamanan polisi ketika dia datang ke Inggris.

Puluhan ribu tentara Inggris bertugas di Afghanistan, dan lebih dari 450 tewas, antara invasi pimpinan Amerika Serikat pada tahun 2001 dan akhir operasi tempur Inggris pada tahun 2014.

Harry menghabiskan satu dekade di Angkatan Darat Inggris, melayani dua kali di Afghanistan. Dia menghabiskan 10 pekan sebagai pengontrol udara pada 2007-2008 sampai kebocoran media mempersingkat turnya.

Dia dilatih ulang sebagai pilot helikopter dengan Korps Udara Angkatan Darat Inggris sehingga dia memiliki kesempatan untuk kembali ke garis depan. Dia adalah bagian dari dua orang awak yang tugasnya berkisar dari mendukung pasukan darat dalam baku tembak hingga menemani helikopter saat mereka mengevakuasi tentara yang terluka.

Harry menggambarkan waktunya di ketentaraan sebagai yang paling bahagia dalam hidupnya karena membiarkan dia menjadi "salah satu dari orang-orang" daripada seorang pangeran. Setelah meninggalkan militer pada tahun 2015, ia mendirikan Invictus Games, sebuah kompetisi olah raga internasional untuk para veteran yang sakit dan cedera.

Memoar Harry akan diterbitkan di seluruh dunia pada hari Selasa (10/1). Associated Press memperoleh salinan awal berbahasa Spanyol. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home