Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:09 WIB | Senin, 18 Juli 2022

Panglima: Rusia Ancaman Tebesar Inggris dalam Beberapa Dekade Mendatang

Panglima angkatan bersenjata Inggris, Laksamana Tony Radakin. (Foto: dok. Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Panglima angkatan bersenjata Inggris, Laksamana Tony Radakin, mengatakan bahwa Perdana Menteri Inggris berikutnya harus menyadari bahwa Rusia merupakan "ancaman terbesar" bagi Inggris dan bahwa tantangannya akan bertahan selama beberapa dekade.

Dia juga menepis spekulasi "angan-angan" bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, menderita kesehatan yang buruk atau dapat dibunuh.

Saat Partai Konservatif memilih pengganti Perdana Menteri Boris Johnson, Laksamana Tony Radakin mengatakan pemimpin Inggris berikutnya harus menyadari bahwa Rusia merupakan "ancaman terbesar" bagi Inggris dan bahwa tantangannya akan bertahan selama beberapa dekade.

"Saya pikir beberapa komentar bahwa dia tidak sehat atau bahwa sebenarnya seseorang akan membunuhnya atau membawanya keluar, saya pikir itu hanya angan-angan," kata kepala staf pertahanan itu tentang Putin, dalam siaran wawancara televisi BBC pada hari Minggu (17/7).

“Sebagai profesional militer, kami melihat rezim yang relatif stabil di Rusia. Presiden Putin telah mampu menumpas oposisi apa pun, kami melihat hierarki yang ditanamkan pada Presiden Putin dan tidak ada orang di puncak yang mendapat motivasi untuk menantang Presiden Putin,” tambah Radakin.

"Dan itu suram."

Pasukan darat Rusia mungkin kurang menimbulkan ancaman sekarang, setelah mengalami kemunduran dalam perang di Ukraina, kata kepala militer.

Invasi tersebut telah menewaskan atau melukai 50.000 tentara Rusia dan menghancurkan hampir 1.700 tank Rusia, serta sekitar 4.000 kendaraan tempur lapis baja, ia memperkirakan.

“Tapi Rusia terus menjadi kekuatan nuklir. Ia memiliki kemampuan dunia maya, memiliki kemampuan luar angkasa, dan memiliki program khusus di bawah air sehingga dapat mengancam kabel bawah air yang memungkinkan informasi dunia untuk transit di seluruh dunia.”

Ukraina akan mendominasi pengarahan militer terhadap pengganti PM Boris Johnson ketika dia menjabat pada 6 September mendatang, kata Radakin.

“Dan kemudian kita harus mengingatkan perdana menteri tentang tanggung jawab luar biasa yang mereka miliki dengan Inggris sebagai tenaga nuklir, dan itu adalah bagian dari inisiasi perdana menteri baru Inggris.”

Sementara itu, Radakin dikejutkan tentang penyelidikan BBC yang menemukan pasukan komando di korps elite Layanan Udara Khusus (SAS) Inggris menewaskan sedikitnya 54 warga Afghanistan dalam keadaan mencurigakan satu dekade lalu, tetapi rantai komando militer menyembunyikan kekhawatiran.

Polisi militer telah menetapkan "itu tidak terjadi" tetapi akan melihat lagi jika bukti baru yang nyata muncul, katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home