Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:52 WIB | Kamis, 13 Maret 2014

Paralimpiade 2014: Kontingen Rusia Raih Emas Pada Ski Cross Country

Kiril Mikhaylov (kedua dari kiri) bersama atlet ski cross cuntry Rusia. (Foto: zimbio.com)

SOCHI, SATUHARAPAN.COM – Kontingen paralimpiade ski  cross country  putra Rusia  mencetak rekor perolehan medali dalam satu cabang olahraga paralimpiade musim dingin, setelah pada Rabu (12/3)  mengklaim medali emas pada yang ditawarkan di nomor sprint  cross country 1 kilometer yang berlangsung di Rosa Extreme Khutor Park, Sochi.

Para atlet cross country pria dalam kategori berdiri berhasil meraih medali emas  memastikan Rusia memimpin klasemen sementara dengan perolehan 11 medali emas, diikuti Jerman yang pada posisi kedua Jerman  enam medali emas.

Atlet Rusia cross country pertama adalah Kirill Mikhaylov yang berlari dengan arahan pemandunya untuk meraih kemenangan dengan catatan waktu 3 menit 53,5 detik, mengalahkan peraih medali emas 20km paralimpiade sebelumnya Rushan Minnegulov dengan hanya 0,3 detik.

“Saya senang karena ini adalah beban pikiran saya selama ini. Persaingan ini sulit karena saya harus bersaing dengan teman-teman saya,” kata Mikhaylov.

Vladislav Lekomtsev memastikan raihan emas berikutnya berada di urutan ketiga untuk memenangkan medali ketiga Olimpiade, menyusul kemenangannya dalam acara 7.5km biathlon dan perunggu di cross-country dalam jarak 20 km. Perolehan ketiga medali tersebut memastikan Rusia mengalahkan perolehan yang mereka dapat pada Paralimpiade Vancouver empat tahun yang lalu, dan dari Paralimpiade di Torino, Italia 2006. Sementara atlet cross country paralimpiade Jerman, Andrea Eskau selesai 0,8 detik lebih lambat dan meraih  perunggu.

Bintang Paralimpiade Rusia Roman Petushkov menjadi atlet pertama di Paralimpiade Sochi dengan empat medali emas setelah memenangkan adu sprint cross country duduk. Atlet paralimpiade berusia 36  tersebut memenangkan dua balapan biathlon dan acara ski berjarak 15 km, Pethuskov berhasil unggul atas rekan senegaranya Grigory Murygin dengan lebih cepat 1,2 detik, menang dalam waktu 2 menit 29,4 detik . “Hari ini aku benar-benar bersemangat, karena saya ingin membawa banyak kebahagiaan bagi negara saya,” kata Petushkov.

Sementara medali perak diraih Murygin, dan perunggu diraih atlet Ukraina, Maksym Yarovyi. (en.ria.ru/sochi2014.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home